Bocah SMA Ini Mampu Menghilangkan Polutan Nanosilver Dari Air Limbah

Bocah SMA Ini Mampu Menghilangkan Polutan Nanosilver Dari Air Limbah – Saat ini telah ditemukan mikroorganisme yang dapat “mencari” dan membersihkan polutan berukuran kecil dari air limbah. Polutan tersebut berupa perak, atau disebut nanosilver. Pada beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang telah menunjukkan potensi kerusakan yang diakibatkan oleh partikel logam tersebut.
Para peneliti menunjukkan bahwa nanosilver memiliki efek desinfektan, yakni dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan basil dan fungi. Itulah sebabnya, semakin banyak produsen yang menambahkan sejumlah besar nanosilver ke produknya, ibarat pasta gigi dan sampo hewan peliharaan.
Para peneliti khawatir mengenai hal tersebut. Tes di laboratorium telah menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi dari partikel tersebut dapat menjadikan kerusakan DNA pada jenis sel tertentu. Beberapa uji bahkan menunjukkan bahwa nanosilver mungkin juga memiliki efek yang merugikan sistem kekebalan manusia, karena pada kondisi tertentu dapat menekan kemampuan sel untuk mempertahankan dirinya.
Bocah SMA Ini Mampu Menghilangkan Polutan Nanosilver Dari Air Limbah Bocah SMA Ini Mampu Menghilangkan Polutan Nanosilver Dari Air Limbah
Adam Noble, bocah kelas 12 dari Lakefield, Kanada, telah menyebarkan proses untuk menghilangkan nanosilver, yakni polutan yang berpotensi menjadikan kerusakan lingkungan, dari air limbah ( Credit: Patrick Thornton, SSP).
Saat ini, Adam Noble, bocah kelas 12 pada District Secondary School  di Lakefield, Kanada, telah menyebarkan teknik yang dapat menghilangkan nanosilver dari air limbah. Noble memanfaatkan kemampuan mikroorganisme bersel tunggal, Euglena, yang dapat “mencari”  dan membersihkan nanosilver. Dia mencampurkan air yang tercemar nanosilver dengan euglena yang ditumbuhkan di laboratorium. Setiap liter campuran mengandung 50.000 mikroorganisme Euglena. Hasilnya sangat menakjubkan. Mikrobia tersebut dapat menyerap 99,9 persen partikel nanosilver dalam waktu satu jam.
Ilmuwan muda ini mengumpulkan sampel airnya dari pengolahan air limbah lokal, yakni kemudahan yang membersihkan air yang tercemar sebelum dilepaskan ke sungai atau sistem air alami.
Euglena tersebut bahwasanya mungkin tidak bermaksud untuk memakan nanosilver. Sebaliknya justru partikel tersebut yang tertarik dan kemudian menempel di permukaan mikroorganisme tersebut. Setelah terjadi penempelan, maka mikrobia tersebut menyerap nanosilver. Nanosilver itu kemudian disimpan dalam sebuah struktur kecil di dalam selnya. Fakta bahwa Euglena dapat menyerap nanosilver dengan sangat efisien mengambarkan bahwa mereka dapat dimanfaatkan untuk membersihkan air.
Selanjutnya Euglena dikeluarkan dari air dan dilakukan recovery terhadap nanopartikel. Pengujian yang dilakukan Boble menunjukkan bahwa nanosilver yang berhasil dikeluarkan dari Euglena, memiliki efek desinfektan yang sama dengan nanosilver yang gres dibuat oleh pabrik.
Prototipe yang dibuat oleh Noble masih dalam skala kecil yakni hanya bisa memproses beberapa liter air sekaligus. Namun beliau memperkirakan bahwa sistem ini dapat diperbesar sehingga sanggup untuk memproses 6.500 liter air setiap jam. Penemu yang masih SMA ini menjelaskan temuaannya di Intel International Science and Engineering Fair di Pittsburgh, Pa,  pada tanggal 15 Mei 2012. Acara tersebut disponsori oleh Intel Foundation dan diselenggarakan oleh Society for Science & the Public.
Jika diterapkan pada skala yang lebih besar, maka sistem Noble ini dapat membiayai proses pembersihan nanosilver secara mandiri. Dia menjelaskan bahwa pengolahan air limbah di daerahnya melepaskan sekitar 3,2 kilogram nanosilver, yang bernilai sekitar 4,2 juta dolar. Air limbah tersebut dialirkan ke sungai Otonabee setiap tahunnya. Namun, biofilter bertenaga Euglena-nya hanya akan menghabiskan biaya sekitar 700.000 dolar AS untuk beroperasi setiap tahunnya. Tentunya hal ini sangat menguntungkan.
Noble telah menerapkan hak paten atas temuannya ini, baik di Kanada maupun Internasional. Pada pertemuan pengolahan air limbah di Kanada pecan lalu, serorang perwakilan dari sebuah perusahaan yang memproduksi peralatan pembersih air, menyampaikan perlindungan dana ke Noble untuk membangun sistem biofilter berskala besar dan memasangnya di tempat pengolahan air limbah, untuk melihat seberapa baik sistem itu bekerja pada skala besar.
Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Science News for Kids. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/