Binatang/Hewan yang Digunakan Untuk Membantu Pekerjaan Manusia

Manusia hidup di tengah-tengah milyaran atau bahkan trilyunan binatang yang ada di seluruh dunia.  Dari sebegitu banyaknya hewan-hewan yang ada di seluruh penjuru dunia, insan memanfaat sebagian di antaranya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Binatang-binatang mulai dari mamalia sampai serangga banyak yang dijadikan alat untum memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sebagian binatang yang biasa digunakan untuk keperluan insan perlu dijinakkan terlebih dahulu.  Bahkan ada juga hewan-hewan yang perlu diberi pelatihan terlebih dahulu biar bisa membantu tugas-tugas insan secara maksimal.  Kamampuan insan yang serba terbatas merupakan faktor pendorong yang menjadikan binatang-bintang tertentu dijadikan alat untuk membantu banyak sekali pekerjaan manusia.

Berikut ini yakni beberapa pola penggunaan binatang beserta nama-nama binatangnya :

1. Membantu Transportasi Manusia

Contoh : Keledai, Kuda, Unta, Gajah, Sapi, Kerbau, dll

2. Membantu Pertanian dan Perkebunan Manusia

Contoh : Kerbau, Monyet, Cacing, dll

3. Membantu Mencari Sesuatu yang Dicari Manusia

Contoh : Anjing, dll

4. Membantu Industri Hiburan Manusia

Contoh : Monyet, Gajah, Singa, Anjing, Anjing Laut, Lumba-Lumba, Harimau, dll

5. Membantu Menyediakan Makanan / Minuman Manusia

Contoh : Sapi (susu), Ayam (telur), Bebek (telur), Musang (kopi), Lebah (madu), dll

6. Membantu Komunikasi Manusia


Contoh : Burung Merpati, dll

7. Membantu Mendeteksi Zat Berbahaya yang Merusak Kesehatan Manusia


Contoh : Anjing, Kucing, Ikan, Tikus, dll

Dari banyak sekali pola pemanfaatan hewan untuk kebutuhan insan di atas sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Tuhan SWT atas segala nikmatNya yang telah diberikan kepada kita umat manusia.  Tanpa adanya peran konkret dari binatang-binatang yang ada di dunia ini, maka sudah pasti kita akan mengalami kesulitan dalam memenuhi banyak sekali kebutuhan kita sehari-hari.  Namun ketika ini dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, peran para binatang dapat digantikan oleh mesin atau robot.  Walau demikian tetap saja sebagian insan yang lain tetap menggunakan binatang-binatang secara tradisional untuk membantu pemenuhan hajat hidup dirinya dan orang-orang di sekitarnya.