Berita terbaru: Pencairan TPG Triwulan 4 Guru Non PNS Dipercepat

Sahabat guru NOn PNS maupun pembaca setia blog yang ketika ini sedang berbahagia. Ada isu terbaru untuk para Guru berstatus Non Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya Pencairan TPG triwulan ke 4 akan dipercepat. Sementara itu bagi Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) tergantung dari kebijakan atau menjadi urusan pemerintah daerah. walaupun demikian di beberapa kawasan ternyata masih banyak yang belum mendapatkan TPG Triwulan ke 3, dikarenakan duduk perkara data Guru yang dikirim melalui dapodik sekolah tidak valid dalam artian disini mampu jadi data yang dimaksud yaitu Jumlah Jam mengajar guru belum memenuhi syarat sebagai peserta TPG.

gambar Pencairan TPG Triwulan 4 Guru Non PNS Dipercepat

oke untuk jelasnya silahkan baca isu terbaru ihwal Pencairan TPG Triwulan 4 Guru Non PNS Dipercepat yang kami kutip dari jpnn.com melalui goresan pena dibawah

Pencairan Tunjangan TPG dipercepat

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, Kemendikbud memang sengaja mempercepat pencairan TPG.

Kemendikbud sejatinya mampu saja membayar TPG pada Desember nanti. Sebab pembayaran triwulan keempat ini untuk periode Oktober-Desember.

Pejabat yang erat disapa Pranata itu mengatakan khusus TPG untuk guru-guru non PNS uangnya ada di Kemendikbud. ’’Tahun ini anggarannya Rp 6 triliun,’’ katanya di Jakarta kemarin. Total anggaran itu dicairkan dalam empat gelombang, masing-masing sekitar Rp 1,5 triliun.

Pranata menuturkan Kemendikbud sengaja mempercepat pencairan TPG triwulan keempat. Alasannya yaitu untuk menjadi percontohan bagi pemerintah kabupaten dan kota. Dia berharap pemda secepatnya memproses pencairan TPG triwulan ketiga untuk seluruh PNS yang berhak menerima. Pejabat yang hobi makan durian itu menuturkan, pemerintah sudah menetapkan batas waktu pencairan TPG bagi guru PNS. Yakni hingga 16 Desember nanti.

Dia berharap aturan itu ditepati oleh pemerintah daerah. Pranata mengatakan tahun ini anggaran TPG secara keseluruhan mencapai Rp 69 triliun. Pengamat pendidikan Indra Charismiadji berharap pemda mampu mencontoh Kemendikbud. ’’Tetapi pengalaman yang sudah-sudah, pemda itu umumnya lambat mencairkan TPG,’’ paparnya.

Diantara alasannya yaitu ada pemda yang meminjam dulu anggaran TPG untuk keperluan lainnya. Apalagi tahun ini ada kegiatan penghematan anggaran. Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengapresiasi Kemendikbud yang mempercepat pencairan TPG triwulan keempat. Namun Retno tidak mampu menutup mata bahwa birokrasi pemda untuk pencairan TPG itu lelet dan cenderung bandel. ’’Karena pemda tidak dapat apa-apa dari TPG,’’ ungkapnya.

Retno mencontohkan di DKI Jakarta saja, yang dekat dengan kantor Kemendikbud, pencairan TPG selalu di selesai periode. Setelah daerah-daerah lain selesai mencairkan TPG, guru di DKI Jakarta gres memperoleh TPG. Saat ini pemda yang sudah mencairkan TPG untuk guru PNS yaitu Kabupaten Purbalingga.

Dia berharap pemda lain menyusul upaya Kabupaten Purbalingga yang sudah mulai mencairkan TPG triwulan keempat. ’’Guru di Purbalingga pasti ngabarin guru di kawasan lain. Nanti guru di kawasan lain akan menuntut pencairan ke pemkab masing-masing,’’ urainya.

Demikian info terkait Pencairan TPG Triwulan ke 4 Guru Non PNS Tahun 2016 yang mampu admin tuliskan. berikutnya silahkan pelajari ihwal Cara Cek Nama Penerima/ SK TPG Triwulan ke 4 (DISINI). Terima kasih

sumber: