Berbagai Cara Memanfaatkan Alam Lingkungan Potensial di Sekitar Kita

Alam yang ada di sekitar kita yaitu sesuatu yang harus kita jaga kelestariannya.  Mau tidak mau insan harus menjaga alam lingkungannya dari kerusakan, karena jikalau tidak maka insan itu sendiri yang akan medapatkan aneka macam kerugiannya.  Ada banyak hal yang dapat dilakukan insan di alam dan banyak pula yang bisa didapatkan insan apabila bisa akrab dengan alam lingkungannya.
Namun perilaku sebagian insan yang suka seenaknya sendiri terhadap lingkungan telah menimbulkan aneka macam dilema serius pada lingkungan hidup kita menyerupai hutan gundul, banjir, kebakaran hutan, pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan lain sebagainya.  Berbagai bencana datang kepada insan akhir ulah tangan insan itu sendiri.  Walaupun tidak semua orang melaksanakan pengrusakan lingkungan, namun tetap saja berimbas kepada semua orang apabila masyarakat tersebut tidak melaksanakan tindakan tegas kepada para pelakunya.
(sumber foto : sxc.hu)
Berikut di bawah ini yaitu cara-cara yang bisa kita lakukan untuk kebaikan kita bersama terhadap alam di lingkungan sekitar tempat tinggal kita :
1. Tempat Wisata
Alam yang rupawan bisa menjadi tempat yang baik untuk tempat beristirahat bersama keluarga di samping dapat menjadi ladang penghasilan bagi warga masyarakat sekitar yang turut serta dalam operasional tempat wisata alam tersebut.
2. Sumber Tenaga / Energi Ramah Lingkungan
Dengan membangun beberapa pembangkit listrik sederhana menyerupai pembangkit listrik tenaga angin, mikro hidro, sel surya, ombak, dan lain sebagainya diperlukan bisa memenuhi kebutuhan tenaga listrik warga masyarakat.
3. Sumber Penghasil Makanan Tambahan
Dengan menanam tanaman serta memelihara hewan yang dapat menghasilkan materi pangan maupun bahan-bahan produksi lainnya diperlukan bisa mencukupi kebutuhan sandang, pangan, papan dan lain-lain sehingga dapat hidup berdikari tanpa bergantung kepada pemerintah atau pun kawasan lainnya.
4. Tempat Belajar Berbagai Hal
Belajar akan jauh menjadi lebih efektif apabila dikombinasikan antar pembelajaran teori di kelas dengan pembelajaran praktek di ruang terbuka.  Bahkan ada juga sekolah-sekolah yang melaksanakan acara berguru mengajar di alam terbuka.
5. Penyaring Udara Kotor
Tumbuh-tumbuhan yang ada di alam akan memproses karbon dioksida di udara menjadi oksigen sehingga dapat digunakan oleh insan dan hewan untuk bernapas.  Semakin berkurangnya tetumbuhan yang ada di lingkungan kita akan membawa dampak yang kurang baik terhadap keseimbangan zat-zat yang ada di atmosfir planet bumi yang kita tempati ketika ini.
6. Sumber Cadangan Air Bersih
Ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di sekitar kita akan menyerap air hujan yang turun membasahi bumi dan kemudian menyerapnya ke dalam tanah dalam bentuk air tanah, untuk disimpan di bawah permukaan tanah sebagai cadangan air yang dapat dimanfaatkan oleh umat manusia.
Itulah beberapa hal yang bisa kita maksimalkan dari alam lingkungan sekitar kita untuk kebaikan diri kita sendiri, keluarga yang kita cintai, sobat yang kita kasihi, tetangga yang kita hormati, dan seluruh penduduk dunia yang kita hargai.  Mari kita tolong-menolong menjaga alam lingkungan kita dari ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab.