Berbagai Bahaya Potensial yang Ada Pada Sampah Buangan Manusia

Manusia menghasilkan banyak sekali bentuk sampah setiap hari baik berbentuk padat, cair maupun gas.  Tidak hanya sampah rumah tangga hasil pengolahan materi makanan dan sisa acara insan saja, namun juga badan insan secara alami menghasilkan banyak sekali macam sampah yang dikeluarkan ke alam bebas.  Dengan demikian insan dituntut untuk dapat mengatasi banyak sekali persoalan sampah yang dihasilkan oleh dirinya sendiri maupun yang dihasilkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Macam-Macam Hal Berbahaya yang Tersembunyi di Balik Sampah Kita :

1. Benda-Benda Tajam

Di dalam sampah terdapat banyak sekali jenis benda-benda yang dapat mencederai manusia.  Suatu benda yang tajam atau runcing mampu saja melukai badan kita ketika melaksanakan kontak dengan tumpukan sampah.  Oleh karena itu hendaknya berhati-hati dalam melaksanakan sesuatu terhadap sampah yang kita tidak tahu benar apa saja yang terkandung di dalam sampahnya.  Benda tajam ibarat silet, serpihan kaca (beling), jarum, patahan pisau, duri, dan lain sebagainya mampu membuat kulit insan menjadi luka jikalau tidak hati-hati.

2. Kuman Penyakit

Virus, bakteri, jamur, dan lain sebagainya sangat gemar hidup dan berkembang biak pada sampah-sampah yang dihasilkan oleh manusia.  Makanan-makanan yang telah membusuk biasanya mengandung banyak sekali bakteri-bakteri maupun kuman lainnya yang mampu saja menyebabkan gangguan kesehatan pada insan jikalau terkontaminasi.

3. Debu dan Asap

Pada dikala cuaca kering biasanya akan banyak debu-debu yang ikut terdampar di tumpukan sampah gotong royong dengan sampah lainnya.  Debu sangat tidak baik sekali jikalau hingga terhidup ke dalam sistem pernapasan insan karena dapat menjadikan persoalan kesehatan.  Selain debu, juga ada asap hasil pembakaran sampah yang juga tidak kalah berbahayanya jikalau hingga masuk ke dalam paru-paru kita.

4. Limbah Cair

Berbagai jenis cairan bersatu pada membentuk limbah cair yang menjijikkan.  Limbah cair yang membusuk ini mampu mengeluarkan bacin yang sangat tidak sedap.  Limbah cair juga dapat menyebabkan penyakit dan gangguan kesehatan jikalau hingga mengkontaminasi badan manusia.  oleh karena itu hendaknya kita jikalau ingin membuang sampah, cairannya dibuang terlebih dahulu ke got atau ke tanah biar tidak membusuk di kawasan sampah.

5. Ledakan

Beberapa jenis sampah dapat meledak jikalau berada pada suhu yang cukup panas atau terjadi kontak dengan api yang menyala.  Misalnya saja ibarat tabung gas dan bekas botor semprotan anti nyamuk.  Benda-benda ibarat itu memang masuk dalam kategori benda-benda yang tidak boleh dibuang di sembarang tempat.  Apalagi ditambah kebiasaan banyak orang yang mengatasi sampah dengan cara memperabukan sampah sehingga dapat menyebabkan ledakan yang tidak terduga dari sampah-sampah yang dapat meledak jikalau terbakar.

Dari banyak sekali bentuk ancaman sampah di atas, hendaknya kita senantiasa berhati-hati dalam melaksanakan suatu tindakan pada sampah biar kita semua terhindar dari banyak sekali hal negatif yang mampu terjadi jikalau kita melaksanakan kelalaian.  Semoga goresan pena ini mampu menawarkan manfaat untuk kita semua, terima kasih.