Belajar Wirausaha/Berbisnis Sejak Kecil Pintu Sukses Masa Depan

Sebenarnya apa tujuan kita sekolah?  Pada umumnya orangtua menyekolahkan anak-anaknya di sekolah dan di kampus biar kelak anaknya menerima pekerjaan yang baik sehingga dapat hidup mapan dan mandiri.  Kepintaran dan kecerdasan memang sesuatu yang sudah pasti diperoleh ketika seseorang mencapai taraf kemandirian dan kemapanan dalam hidupnya.  Setiap orang renta menginginkan biar anaknya mampu hidup lebih baik dari dirinya ketika anaknya tumbuh besar menjadi bakir balig cukup akal kelak.

Permasalahan yang terjadi ialah di mana sekolah tidak mengajarkan kewirausahaan secara intensif.  Dengan demikian kebanyakan para pelajar siswa siswi sekolah tidak memiliki bayangan mengenai cara berbisnis yang baik dan benar yang diadaptasi dengan minat, bakat, kreativitas dan inovasi yang mereka miliki.  Apa yang diajarkan di kursi sekolah dan di kursi kuliah rata-rata hanya bersifat teoritis saja.  Padahal untuk mempelajari usaha atau bisnis diharapkan jam terbang tinggi dalam hal praktek serta pengalaman yang cukup banyak sebagai bekal dalam memulai bisnis di kemudian hari.

Saat ini banyak orang yang berpandangan sempit bahwa setelah lulus sekolah atau lulus kuliah maka langkah selanjutnya ialah bekerja di kantor atau perusahaan yang menawarkan penghasilan yang besar.  Sebenarnya tidak harus demikian.  Setiap orang mampu memulai usahanya masing-masing baik seorang sendiri maupun gotong royong dengan orang lain tanpa harus lulus sekolah atau lulus kuliah terlebih dahulu.  Bahkan berwirausaha pun dapat dikerjakan bersamaan dengan acara menuntut ilmu.  Sekolah serta kuliah sebagai sarana menuntut ilmu dapat dilakukan di waktu-waktu yang tidak mengganggu acara usaha atau bisnis.

Jika seseorang menjadi pegawai atau karyawan, maka orang tersebut memiliki penghasilan yang umumnya terbatas.  Akan tetapi apabila seseorang menjadi seorang pengusaha maka orang tersebut mampu mempunyai penghasilan yang tidak terbatas, namun semua itu tergantung dari banyak faktor.  Seseorang mampu menjadi pekerja di suatu perusahaan milik orang lain sekaligus menjadi pengusaha di usaha miliknya sendiri dalam waktu yang bersamaan.  Oleh para orangtua harus semenjak dini mengajarkan anak-anaknya untuk berwirausaha atau berwiraswasta demi kebaikan anak-anaknya di masa mendatang.

Bila perlu orangtua semenjak dini membuka usaha kecil atau menengah biar anak-anaknya mampu turut berguru secara langsung.  Atau mencari pihak lain yang mampu menawarkan ilmu pengetahuan dan wawasan di bidang kewirausahaan menyerupai daerah kursus kewiraan, daerah magang di perusahaan, daerah usaha milik kenalan, dan lain sebagainya.  Selain itu anak juga perlu diberikan dorongan dan prospek mengenai dunia wirausaha biar memiliki semangat dan tekad yang berpengaruh untuk berwirausaha.  Berikan gambaran pula bagaimana mengelola dana modal yang kecil biar mampu menjadi berlipat ganda dalam usaha-usaha potensial.  Dengan demikian bawah umur akan terpacu untuk menjadi pengusaha walaupun harus dimulai sebagai karyawan terlebih dahulu.  Mudah-mudahan bawah umur kita nantinya dapat menjadi pengusaha yang sukses di kemudian hari dengan didukung dengan kecerdasan, kreativitas, inovasi, keimanan, ketakwaan, kepedulian sosial, dan lain sebagainya.