Barang/Benda yang Suka Dipamerkan oleh Tukang Pamer (Riya) Pada Orang Lain

Setiap insan memiliki sifat buruknya masing-masing yang mampu sama dan mampu juga berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain.  Salah satu sifat buruk insan yaitu gemar memamerkan hal-hal yang berharga miliknya kepada orang lain.  Orang yang memiliki sifat suka pamer atau riya biasanya juga memiliki sifat gengsian.  Sifat gengsi yaitu sifat di mana seseorang merasa gembira apabila memiliki atau menggunakan hal-hal yang dianggap berharga atau indah di mata orang lain serta akan merasa rendah diri atau aib dikala tidak mempunyai atau tidak memakai hal-hal yang indah atau berharga di mata orang banyak.

Dalam kehidupan kita sehari-hari kita terbiasa melihat orang-orang saling iri hati melihat sesuatu hal baik yang ada pada orang lain dan ada pula orang-orang yang senang memperlihatkan benda-benda berharganya pada orang lain.  Sifat baik dan sifat buruk muncul silih berganti saling melengkapi satu sama lain mewarnai kehidupan kita di dunia ini.  Walaupun agama sudah memperingatkan dan mengancam orang-orang yang memiliki sifat buruk, namun tetap saja dunia ini dipenuhi oleh banyak sekali hal buruk yang salah satunya yaitu sifat suka pamer alias riya.  Mari kita lihat dalam hal apa saja yang biasanya orang pamerkan kepada orang-orang.

Benda-Benda yang Dijadikan Ajang Pamer Harta Kekayaan Pada Seseorang yang Suka Pamer / Riya :

1. Tempat Tinggal
Contoh : Rumah, Apartemen, Rumah Susun, Villa, dsb

2. Properti Non Tempat Tinggal
Contoh : Tanah, Toko, Ruko, Kebun, Sawah, Kantor, dsb

3. Kendaraan
Contoh : Mobil, Sepeda Motor, Sepeda, Helikopter, Skuter, Pesawat Terbang, Angkutan Umum, dll

4. Perhiasan
Contoh : Cincin, Gelang, Kalung, Anting-Anting, Mahkota, Gigi Palsu, dll

5. Pakaian
Contoh : Pakaian, Aksesoris, Tas, Sepatu, Sendal, dsb

6. Alat Elektronik Portabel
Contoh : Handphone, Komputer Tablet, Laptop, Handycam, Kamera Digital, dsb

7. Barang Rumahan
Contoh : Furniture, Perangkat Elektronik, Lukisan, Pajangan / Hiasan, dsb

… dan masih banyak lagi benda-benda rawan dipamerkan lainnya.

Sebagai orang yang baik seharusnya kita berusaha menghilangkan sifat riya (suka pamer), iri hati, gengsi, pelit, dan lain sebagainya.  Sifat-sifat buruk yang merupakan penyakit hati harus kita buang jauh-jauh.  Dengan hilangnya banyak sekali penyakit hati, maka kita akan hidup dengan tenang, tentram, damai, aman dan sejahtera lahir batin.  Semoga artikel singkat ini dapat menunjukkan banyak sekali kebaikan bagi kita semua, terima kasih.