Barang/Benda yang Biasa Diservis/Service Rutin Berkala

Benda yang kita gunakan untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari ada banyak sekali macam ragamnya.  Ada yang sekali pakai pribadi dibuang, dan ada juga yang mampu dipergunakan berkali-kali sampai tidak mampu digunakan lagi.  Di antara benda yang mampu dipakai berkali-kali terdapat benda-benda yang butuh perawatan rutin biar mampu dapat digunakan terus secara optimal dari waktu ke waktu.  Perawatan barang yang tahan lama tersebut biasanya dilakukan dengan cara servis / service rutin.

Beberapa Barang / Benda yang Membutuhkan Servis Rutin / Perawatan Berkala :

1. Rumah / Tempat Tinggal

Rumah yang menjadi kawasan tinggal kita sehari-hari perlu untuk diperbaiki secara rutin yang diubahsuaikan dengan kondisi rumah dan juga dengan kondisi keuangan pemiliknya.  Selain rumah, apartemen, rumah susun, rumah kontrakan, kost-kostan dan sebangsanya pun juga perlu untuk dilakukan renovasi atau perawatan secara rutin.  Seperti mengecat tembok, mengganti kayu yang keropos, memperbaiki atap yang bocor, menyedot wc kamar mandi, dan lain sebagainya.

2. Kendaraan Bermotor (Mobil dan Sepeda Motor)

Kendaraan bermotor ibarat mobil, sepeda motor, bajaj, bemo, truk, bis, alat berat, dan sejenisnya butuh perawatan rutin ibarat ganti oli, servis ringan, servis berat, ganti busi, ganti suku cadang, pembaluran minyak pelumas, dan lain sebagainya.  Jika tidak dilakukan dengan baik maka kendaraan mampu mengalami gangguan ketika digunakan dan bahkan mampu rusak parah kalau terus dipaksakan beroperasi dalam kondisi tanpa perawatan yang memadai.

3. AC (Air Conditioner)

AC yang biasa digunakan insan untuk mendinginkan serta menyejukkan suhu udara ruangan yaitu alat elektronik yang membutuhkan perawatan rutin berupa pencucian.  AC dicuci dengan cara disemprotkan dengan air bertekanan tinggi.  Setelah lama digunakan, AC biasanya menjadi kotor alasannya timbunan bubuk dan kotoran.  Jika tidak dibersihkan secara rutin maka AC mampu mengalami penurunan kinerja ketika dioperasikan.  Walhasil udara yang dihasilkan pun mampu terasa tidak sejuk dan juga tidak cuek sehingga tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Baca Juga:  Cara Membuang Lemak Tubuh Manusia Lewat Hidung

4. Aki / Baterai

ACCU atau Aki yang digunakan sebagai sumber energi pada alat elektronik atau mesin pada umumnya butuh perawatan yang baik biar mampu berada dalam kondisi yang optimal.  Aki biasanya setelah melewati jangka waktu tertentu butuh diisi cairan aki, disetrum, dicas, atau yang lainnya.  Apabila tidak diservis secara rutin maka aki mampu soak atau aus sehingga tidak dapat berjalan normal ibarat sebelum mengalami gangguan.

5. Komputer / Laptop / Notebook

Komputer butuh perawatan yang sangat intensif alasannya ada begitu banyak ancaman ancaman yang mengancam baik secara online maupun offline.  Berbagai jenis virus, worm, trojan, adware, malware, dan lain sebagainya dapat dengan mudah kita temui kalau kita tidak berhati-hati dalam menjaga keamanan komputer yang kita miliki.  Oleh alasannya itu diharapkan adanya proteksi atau tunjangan yang baik melalui jadwal piranti lunak (software) antivirus, anti malware, anti spyware, dan lain sebagainya.

6. Mesin

Mesin-mesin yang digunakan untuk membantu pekerjaan insan sudah tentu juga membutuhkan perawatan yang baik biar ketika digunakan tidak mengalami suatu kendala apa pun yang berarti.  Mesin dirawat secara bersiklus dengan pembersihan sampai pergantian suku cadang.  Namun kalau biaya perawatan begitu mahal, maka mungkin pembelian mesin gres mampu menjadi solusi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat, terima kasih.