Barang yang Tidak Digunakan Lebih Baik Disumbangkan Saja

Jika di rumah kita ada barang-barang yang tidak kita gunakan lagi ada baiknya kita berikan kepada orang yang masih membutuhkannya.  Hal tersebut tentu ada baiknya, sebab barang yang tadinya tergeletak begitu saja di suatu daerah di rumah kita mampu digunakan kembali oleh orang lain.  Insya Tuhan kita pun akan menerima pahala dari kebaikan yang kita lakukan tersebut selama benda yang kita sumbangkan tadi memperlihatkan manfaatnya kepada orang lain.

Menyumbang barang tidak harus barang yang baru-baru saja, namun barang bekas pun juga mampu kita sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkannya.  Sebelum kita berikan kepada orang lain, ada baiknya kita seleksi dulu barang mana yang masih layak sumbang dan mana yang sudah tidak layak sumbang lagi.  Jangan sambai benda-benda yang kita sumbangkan ternyata mengecewakan orang yang kita berikan.  Selain itu seleksi juga akseptor barang pemberian dari kita semoga sempurna sasaran dan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Selain mendapat pahala dari memperlihatkan barang yang masih bermanfaat kepada orang lain yang memerluka, kita pun juga mampu merampingkan isi benda-benda yang ada di rumah kita.   Gudang, lemari, laci, rak, bupet, brankas, filing cabinet, dan lain sebagainya mampu kita kosongkan.  Barang-barang yang sekiranya masih mampu kita gunakan boleh kita simpan lagi.  Sedangkan barang-barang yang kemungkinannya sangat kecil akan kita gunakan kembali sebaiknya disedekahkan saja kepada pihak yang membutuhkan.