Bahaya Tidur di Dekat Ponsel

Bahaya Tidur di Dekat Ponsel

Tidur di Dekat Ponsel tentu banyak yang melaksanakan hal ini, bahkan berdasarkan survai 40% pemilik ponsel melakukannya. Hal ini terjadi karena banyak alasan, mulai dari menelfon/berkirim pesan hingga pagi, atau memang mempunyai kebiasaan meletakkan ponsel di bersahabat bantal supaya mampu cepat mengeceknya kalau ada pesan masuk, atau mengakibatkan ponsel sebagai alarm atau penunjuk waktu dikala bangkit tidur.

Meski ponsel telah menjadi kebutuhan pokok sepanjang hari, namun dikala tidur sebaiknya letakan ponsel jauh dari daerah tidur, karena dapat menawarkan dampak buruk bagi anda, terutama duduk perkara kesehatan. Adapun Bahaya Tidur di Dekat Ponsel, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat berrisiko terbakar atau meledak di daerah tidur, yang diduga disebabkan oleh pemakaian baterai yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel. Untuk itu, sebaiknya anda memilih aksesoris ponsel yang asli dan menjauhkan ponsel dari daerah tidur di malam hari supaya terhindar dari kebakaran.
  • Mengganggu tidur, terutama apabila Ponsel, tablet, dan banyak sekali perangkat gadget anda miliki menggunakan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru. Sinar biru ini diketahui dapat menghambat produksi hormon melatonin diperlukan supaya mempunyai rasa kantuk. Sehingga apabila produksi hormon melatonin terganggu, makan dapat merusak jam biologis tubuh. 
  • Bahaya radiasi elektromagnetik dalam dosis rendah yang jumlahnya sama menyerupai radiasi yang dikeluarkan oleh microwave dan alat rontgen. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan radiasi elektromagnetik dalam dosis rendah mampu bersifat karsinogen pada manusia, terutama pada anak-anak. Sehingga dikala tidur, sengat disarankan menjauhkannya dari daerah tidur.

Ringkasan:

  • 40% pemilik ponsel, tidur dengan didekatnya dengan banyak sekali alasan yang tidak begitu penting,
  • Bahaya Tidur di Dekat Ponsel yaitu berisiko terbakar, Mengganggu Waktu Tidur, dan Bahaya Radiasi.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *