Bahaya Rokok untuk Kesehatan Wanita

Efek Nogetis bagi Wanita

Kesehatan Wanita ternyata jauh lebih rentan apabila dibandingkan dengan pria. Hal dikarenakan secara alami, fisik wanita berbeda dengan pria. wanita mengalami siklus hormonal ibarat menstruasi, mengandung, dan menyusui, sedangkan pria, tidak. Kondisi lebih rentan problem kesehatan ini juga termasuk dalam urusan efek rokok. Wanita lebih rentan dan harus mendapat perhatian lebih mengenai efek negatif rokok.

Adapun tujuh ancaman rokok untuk wanita yaitu sebagai berikut:

  1. Kanker paru-paru, biasanya memang di didominasi oleh pria. Namun dikala ini kanker paru-paru juga menyerang wanita dengan menyampaikan tren naik.
  2. Kanker rongga mulut, tekak (bagian belakang langit-langit mulut), dan kerongkongan, karena organ ini yaitu adegan yang pribadi terpapar oleh asap rokok sebelum hingga ke paru-paru. Rangsangan kronis asap rokok terhadap organ-organ tersebut dapat memicu pembentukan sel-sel kanker.
  3. Kanker payudara pada wanita memang masih menjadi perdebatan para ahli. Namun pada binatang, zat-zat kimia pada rokok telah terbukti dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker payudara.
  4. Kanker serviks (leher rahim), oleh beberapa mahir dipercaya juga dapat disebabkan karena zat racun dalam asap rokok yang mencapai leher rahim. Zat racun dalam asap rokok juga mampu meningkatkan risiko nanah HPV (human papilloma virus) jenis serotipe tertentu yang meningkatkan resiko pembentukan sel kanker. 
  5. Gangguan menstruasi, juga mungkin terjadi pada wanita yang terpapar asap rokok. Gangguan tersebut misalnya terjadi pendarahan berlebihan dan keputihan. Hal ini terjadi karena racun pada rokok menghipnotis ovarium atau indung telur sehingga memicu rendahnya kadar hormon estrogen.
  6. Gangguan kesuburan pada wanita akan berkurang 72% dikala terpapar rokok dibandingkan wanita yang tidak merokok atau terhindar dari paparan asap rokok.
  7. Gangguan kehamilan, dapat terjadi karena paparan zat-zat racun asap rokok, yang memicu pertumbuhan ari-ari (organ yang menghubungkan janin ke Ibu). Apabila hal tersebut terjadi, dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur dan berat tubuh bayi rendah dikala bayi dilahirkan.
Bahaya Rokok untuk kesehatan wanita mampu anda baca lebih banyak pada artikel Bahaya Merokok Pada Wanita Dibandingkan dengan Pria

Ringkasan:

  • Kondisi fisik wanita berbeda dengan pria sehingga mempunyai kondisi kesehatan yang lebih lemah,
  • Paparan rokok akan lebih berbahaya untuk wanita dibandingkan pria,
  • Bahaya Rokok untuk Kesehatan Wanita yaitu Kanker: Paru, Rongga Mulut, Payudara, Serviks, Gangguan menstruasi, Kesuburan dan Gangguan Kehamilan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *