Backpackeran ke Gili labak, Sang Maestro Pantai dan Terumbu Karang di JATIM

Gili labak adalah Pulau yang berada tepatnya di Desa Kombang Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep Madura. Gililabak merupakan salah satu objek wisata pantai yang mengagumkan dan memiliki terumbu karang bagus di Jawa Timur.

Bahkan kebanyakan yang hobi Snorkling atau diving di Jatim merasa puas dikala melaksanakan aktifitas tersebut disini. Hamparan pasir nan putih desiran air laut yang hening dengan warna gradasi biru menambah Pesona Keelokan Pulau ini.

Kaprikornus jikalau kalian Warga Jawa Timur pasti sudah pernah mendengar nama Pulau Gili Labak tersebut. Bagi yang belum kesana sahabat wajib mengunjunginya sebagai salah satu destinasi untuk liburan kita.

Bagi Citizen di Jawa Timur mungkin destinasi Wisata JawaTimur yakni di tempat Malang ataupun Banyuwangi. Menurut aku lebih baiknya mencoba berwisata di Pulau GiliLabak ini selain memiliki kekayaan biota laut dan pantai yang indah, untuk menuju pulau ini tidak ada kata macet.

Kaprikornus sahabat tidak usah khawatir akan waktu yang molor menyerupai dikala kita liburan ke Kota Malang atau yang lainnya. Kaprikornus kemarin jadinya aku mampu backpackeran ke Gili labak ini.
Baca juga
Bagaimana rute menuju gililabak?
Rute Menuju Gililabak, Menuju Pulau Gililabak banyak rutenya mampu lewat Pelabuhan Kalianget, Desa Lobuk, tanjung Saronggi dan desa Kombang.

Namun rute yang rame familiar dan biasa digunakan wisatawan yakni lewat Pelabuhan Kalianget. Karena di pelabuhan kalianget merupakansalah satu Pelabuhan  terbesar yang ada di Madura dan banyak rute penyeberangannya.

Untuk menuju Pelabuan Kalianget mudah kok sobat. Dari surabaya, cari jalan menuju Jembatan Suramadu.

Setelah Sobat melewati Jembatan Suramadu, sahabat lanjut saja lurus terus mentok hingga ke pertigaan (kalau ke kiri arah bangkalan, ke kanan arah Sampang/Sumenep) sahabat belok kanan.

Setelah belok kanan sahabat berarti sudah masuk di jalan menuju Sumenep Kabupaten tempat Pelabuhan Kalianget. Untuk menuju Kota Sumenep, sahabat harus melewati kota Sampang dan Kota Pamekasan dulu.

Pastikan sahabat mengikuti Petunjuk Jalan yang sudah lengkap dan terperinci untuk memandu sahabat menuju Kota Sumenep.  Jalur menuju kota Sumenep merupakan jalur tepi pantai jadi nanti sahabat akan melihat laut sepanjang sisi kanan.

Ini hamparan lautnya

Sebelum masuk kota Sumenep Sobat akan melihat lahan-lahan budidaya garam di sebelah kiri –kanan yang di kelola baik oleh PT. GARAM. Setelah masuk kota Sumenep sahabat lurus terus saja untuk keluar kota menuju Kalianget.

Garan garan men..

Tidak jauh dari kota nanti sahabat akan ketemu pertigaan dimana di plakat jalan tertulis arah menuju Pelabuhan Kalianget  seperti ini.

Sobat ambil belok kanan.
Dari pertigaan itu sahabat terus saja mentok nanti sahabat akan hingga di kalianget dan ketemu pertigaan ikuti saja arah menuju Pelabuhan Kalianget (Belok Kanan).

Setelah itu ikuti saja jalan di sebelah kanan terlihat laut-laut itu tandanya sahabat hampir hingga pelabuhan.  
Kalau lihat menyerupai ini masuk saja itu pintu masuk pelabuhan.
Geebang pelabuhan kalianget
Setelah hingga ke Pelabuhan kita harus ngapain Bang?

Untuk menuju Pulau Gililabak sahabat harus naik perahu motor gaes.
Perahu ini mampu ditumpangi 14 orang maksimal plus Nahkoda Kapal. Soal biaya sewa tergantung pandai-pandai nego sobat. Kisaran harga sekitar 700-800 ribu belum sewa peralatan Snorkling 25-35 Ribu.

Kaprikornus jikalau Sobat ingin jalan-jalan ke Gililabak mending cari barengan saja atau mampu menghubungi kami yang akan buat “Open trip Backpacker Low Budget Gililabak”
Waktu tempuh dari Pelabuhan Kalianget Menuju Pulau Gililabak sekitar 2 jam tergantung ombak. Saat aku kesana cuaca lagi tidak bershabat kami kena ombak tinggi dan alhamdulilah mampu sampai.

Angin tornado dan Ombak tinggi kadang menjadi kendala untuk menuju Pulau Gililabak ini. Hal ini mungkin mampu diatasi dengan menggunakan Kapal Besar menyerupai penyeberangan menuju Pulau Talango. Semoga Dinas terkait ada evaluasi untuk melaksanakan perbaikan demi perbaikan .
Lagi otw gililabak

Keindahan Pantai Gili labak

Pantai gililabak ini memiliki view nan eksotis apalagi jikalau sahabat menjumpai senja atau sunset. Bisa deh cari spot poto terbaik. Karena semua tempat di Gililabak Potoable banget.

Ranting pohon icon gililabak

Di Gililabak terdapat penduduk yang berjumlah 40 KK (Faisal, penjaga warung ujung timur). Kalau di kalikan 3 mampu jadi penduduk di sini lumayan banyak mampu hingga 120an lebih.

Sunset
Ujunv pulau gililabak

Kalau sahabat ingin melihat sunrise dan sunset secara langsung, sahabat mampu menyewa rumah penduduk. Harganya sekitar 200.000 mampu pesan eksklusif di pemilik warung-warung di Gililabak.

Perkamar mampu diisi sekitar 2-3 orang. Selain itu opsi lain sahabat juga mampu menyerupai aku mendirikan tenda tepi pantai.

Syahdu banget menn!!!


Keindahan bawah laut

Underwater gililabak

Untuk ke tempat spot snorkling sahabat tidak perlu jauh2 ke tengah lautan.

Ya, alasannya dari bibir pantai saja sahabat tinggal renang. Dan sahabat pasti mampu lihat sendiri keondahannya.
Oya disini juga terdapat ikan nemo lho..
Kalau sahabat beruntung pasti mampu menemukannya.

Sebagian karang disini sudah agak rusak gaes, jadi kalian jikalau hobi snorkling atau diving mohon tidak menginjak terumbu karang.

Walaupun sudah banyak pembibitan tetap saja kalah dengan perusakan.

Berikut tadi yakni pengalaman Trip aku ke Gili labak. Jika ada yang pertanyaan silahkan comment di bawah.

Penangkaran terumbu karang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *