Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Rapor merupakan laporan yang di buat oleh guru terhadap hasil pembelajaran yang di tempuh oleh akseptor didik. Rapor ini memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu sebagai materi laporan kepada orang tua/ wali murid dan mampu juga menjadi materi evaluasi bagi pihak lembaga pendidikan terhadap proses mencar ilmu mengajar yang telah dilaksanakan selama satu semester. Pada setiap kurikulum biasanya model penilain rapor memiliki perbedaan yang menggambarkan dari substansi apa yang menjadi titik pementingan pada kurikulum tersebut. Sejalan dengan hal tersebut, Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 juga memiliki perbedaan dan cara tersendiri untuk mengisinya.

Cara penelian menggunakan sistem numerik atau berdasarkan angka nampaknya mulai sedikit demi sedikit di tinggalkan, hal tersebut terbukti pada proses penilian pembelajaran Kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan penilaian yang bersifat kualitatif atau diskriptif. Hal ini dilakukkan dengan tujuan biar akseptor didik lebih bersemangat dan optimis dengan penelian yang ada. untuk tingkat sekolah dasar penilianya lebih mengedepankan pada aspek sikap atau prilaku sementara itu untuk bidang keilmuanya lebih banyak pada tingkat atasnya. Buku pelajaranya pun juga semakin tipis akan tetapi berlaku sebaliknya untuk laporan nilai rapornya yang semakin menebal. Pada jenjang semua jenjang yang ada (SD, SMP, dan SMA) para guru sudah disdiakan aplikasi tersendiri untuk mengisi rapor kurikulum 2013. Untuk jenjang sekolah dasar berikut aspek yang menjadi penilaian:

  1. Aspek spiritual
  2. Aspek pengetahuan
  3. Aspek keterampilan
  4. Aspek sosial

Pada aspek spiritual dan sosial penilainya sendiri mampu dilakukan baik secara bentuk, penilaian antar teman, penilaian diri sendiri, observasi dan jurnal. Pada aspek lainya pengetahuan dan keterampilan berbentuk praktek, proyek ataupun mampu berbentuk portofolio. Sementara itu untuk jenjang SMO pengisian penilaian rapor kurikulum 2013 bentuk penilaiannya sebetulnya tidak jauh berbeda dengan tingkat yang ada di bawahnya baik itu yang berupa KKM ataupun aspek utama dalam penilaian. Sedangkan yang terakhir untuk jenjang SMA/ SMK/ sederajat memiliki penilaian tersendiri yakni pada aplikasinya memiliki:

  1. Mengintegrasikan tiga aspek penilaian yakni penilaian kognitif (pengetahuan), psikomotorik (keterampilan), dan aspek afektif (sikap) menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga laporan yang ada di dalam evaluasi hasil mencar ilmu ke tiga aspek tersbut akan muncul.
  2. Sesuai dengan standart penilaian Permendiknas No. 20 Tahun 2007.
  3. Proses berjalan secara otomatis.

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan silahkan unduh aplikasinya melalui link dibawah

Itulah beberapa uraian mengenai Aplikasi Rapor Kurikulum 2013. Dengan model penilaian ibarat ini diperlukan rapor benar- benar mampu menjadi gambaran yang positif mengenai proses mencar ilmu mengajar siswa yang ada pada satu semester. semoga ulasan mengenai Aplikasi Rapor Kurikulum 2013, bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih!