Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gigitan Kucing/Monyet/Anjing Gila (Rabies)

Kalau suatu dikala secara mendadak ada hewan yang menyerang dan kesannya kita terluka terkena gigitan gigi binatang tersebut menyerupai anjing, kucing, kera atau orang kurang waras maka sebaiknya segera saja membuat vonis bahwa anda telah terkena gigitan yang mengandung virus rabies.  Rabies ialah penyakit yang mematikan kalau terlambat diobati dan dapat membuat penderita menjadi absurd alasannya ialah takut udara, takut air, dan takut ketinggian.  Jika virus sudah hingga di otak maka si penderita mampu meninggal dunia.

Untuk sumbangan pertama pada gigitan anjing gila, kucing gila, kera gila, atau bahkan orang absurd sekalipun sebaiknya segera basuh luka bekas gigitan binatang berrabies tersebut dengan air bersih mengalir dan sabun / deterjen.  Cucilah bab yang terluka dengan air mengalir selama kurang lebih sepuluh menit hingga bersih benar.  Kemudian beri alkohol 70% supaya kuman-kuman penyakit rabies mampu dinonaktifkan sesegera mungkin dan tidak menyebar dalam jumlah besar ke seluruh badan kita. Setelah itu segera ke dokter atau rumahsakit / puskesmas untuk menerima sumbangan lebih lanjut hingga tuntas. Jika yang kena gigitan ialah binatang peliharaan kita, maka bawa ke dokter hewan untuk mendapat pertolongan, supaya hewan peliharaan kita tidak terkontaminasi virus rabies lebih lanjut.

Jika anda terkena gigitan anjing, maka anda berarti sudah terkena najis tingkat tinggi dari air liur anjing yang mengenai bab badan anda.  Untuk menetralisir najis besar tersebut anda harus mencucinya sebanyak tujuh kali.  Satu kali dengan dicampur tanah dan yang enam kali dengan menggunakan air.  Pastikan air yang digunakan untuk mencuci najis ialah air yang suci dan mensucikan sesuai pemikiran agama islam.  Sebaiknya cucian pertama dilakukan dengan dicampur tanah yang bersih supaya sisa cucian yang dilakukan dapat digunakan juga sebagai pembilas kotoran yang menempel dari campuran tanah tadi.  Kenapa harus disucikan dengan cara ini?  Karena ada yang mengatakan bahwa aneka macam bakteri penyakit dapat dinetralisir dengan cara ini dan mungkin juga mampu untuk menetralisir bakteri rabies yang terbawa dari gigitan anjing gila.