Angin Lembah

angin lembah, ataupun angin yang lain. Ketika Anda berada di kawasan lembah maka angin lembah yang akan Anda rasakan. Menuju pada angin lembah, angin ini memiliki fakta-fakta yang akan dikupas di bawah ini:

1. Arah Tiupan Angin Lembah
Fakta pertama dari tiupan angin lembah ialah arah tiupan angin lembah. Angin ini bertiup dari arah lembah menuju gunung. Hal ini berkaitan dengan suhu di gunung yang lebih panas dari suhu di kawasan lembah. Suhu di kawasan lembah terasa hirau taacuh sehingga angin dari lembah akan otomatis mengarah ke suhu yang lebih panas yaitu, ke arah gunung. Sehingga kalau Anda sedang naik ke lereng pegunungan mencicipi tiupan angin maka angin tersebut merupakan angin lembah.
2. Angin Lembah Siang Hari
Fakta kedua berkaitan dengan waktu tiupan angin lembah yang terjadi pada siang hari. Pada waktu siang sinar matahari akan berada pada puncak. Sinar matahari akan memancar ke pegunungan sehingga suhu di gunung panas. Sehingga angin lembah bertiup pada siang hari mengarah ke gunung dikala gunung memiliki suhu yang panas. Angin lembah tidak akan Anda rasakan selain pada siang hari alasannya ialah terang perbedaan suhu akan berganti ketika waktu berjalan.
3. Angin Untuk Turun Hujan
Fakta ketiga ialah angin lembah ini tidak hanya sekadar bertiup menuju ke gunung saja. Angin lembah ini juga bisa untuk menurunkan hujan. Angin lembah bertiup ke gunung dan menimbulkan udara di sekitar puncak menjadi rendah dan dapat memicu awan untuk menurunkan hujan. Sehingga hujan yang turun di kawasan gunung terutama pada siang hari terjadi alasannya ialah angin lembah yang bertiup.
4. Hanya Ada di Lembah
Fakta keempat ini berkaitan dengan tiupan angin lembah. Seperti namanya, maka angin lembah hanya akan terjadi di lembah dan gunung. Sekitar kawasan pegunungan yang memiliki lembah maka akan bertiup angin ini. Anda tidak akan mencicipi angin lembah di lautan begitu juga sebaliknya. Sebab kondisi lingkungan sekitar pun juga mensugesti terjadinya tiupan angin. Tentu lingkungan satu dengan lingkungan yang lain itu berbeda. Dan kondisi ini pula yang juga membawa pengaruh perbedaan kondisi tiupan angin itu sendiri.
5. Angin Tiupan Ke Atas
Fakta kelima ini berkaitan dengan tiupan angin lembah yang menuju ke atas gunung. Tentu menjadi menarik alasannya ialah biasanya angin akan berhembus pada kawasan yang datar. Namun berbeda dengan angin lembah ini yang bertiup dengan arah naik ke atas bahkan miring alasannya ialah menuju ke kawasan gunung. Sehingga seperti Anda pun akan melihat tiupan dari angin lembah miring ke atas.
Keberadaan angin lembah ini menjadi tambahan jenis angin yang ada. Bahkan eksistensi angin lembah juga bisa membuat kesejukkan di sekitar lembah dan pegunungan itu sendiri. Angin lembah ternyata memiliki fakta-fakta yang menarik dan unik.


Sumber http://www.nafiun.com/