Anekdot Pendidikan : Pengertian dan Contoh

Hai semua, kali ini saya mau mengembangkan perihal anekdot pendidikan yang mana sekarang ini sedang aneka macam yang mencari informasi mengenai bahan bahasa Indonesia ini. Nah sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai pengertian teks anekdot pada salah satu artikel saya, bagi yang belum sempat membaca bisa mampir dulu melalui link yang akan saya sediakan dibawah nanti.

Oke sob, kita eksklusif saja mulai ya pembahasan kali ini mengenai anekdot pendidikan, kita mulai dengan pengertian teks anekdot terlebih dahulu.

Sebelumnya, baca dulu artikel saya sebelumnya perihal Pengertian Teks Anekdot

Pengertian Teks Anekdot

Anekdot Pendidikan : Pengertian dan Contoh


Teks anekdot adalah sebuah dongeng singkat yang isinya perihal hal-hal keseharian yang dikemas dengan gaya yang lucu dan menarik namun didalamnya mengandung unsur kritikan atau sindiran yang cukup pedas.

Jadi, sebuah teks anekdot itu memiliki tujuan untuk memberikan hal-hal keseharian yang mungkin sering kita jumpai yang biasanya berisi hal-hal yang menyimpang, nah pada teks anekdot ini akan diberi kritikan dan sindiran tentunya dalam gaya penulisan yang lucu.

Meski begitu, ada beberapa teks anekdot yang tidak terlalu lucu, namun apabila didalmnya mengandung kritikan perihal suatu hal, maka teks itu masih bisa dikategorikan sebagai teks anekdot. Kaprikornus bagi sahabat yang ingin membuat referensi teks anekdot, sahabat tidak perlu terlalu pusing memikirkan apakah teks buatan saya ini lucu atau tidak, selama ada hal yang dikritisi dalam teks anekdot sahabat itu masih bisa dikategorikan sebagai teks anekdot.

Nah sahabat sekarang kan sudah paham yang namanya teks anekdot, sekarang saatnya kita lanjut ke contoh teks anekdot pendidikan. Ya saya akan menawarkan beberapa referensi teks anekdot pendidikan kepada sahabat semua.

Mengapa saya mengambil tema pendidikan?

Karena menurut saya tema ini sangat cocok untuk bawah umur sekolah, ya intinya sesuailah dengan apa yang mereka alami, jadi lebih enak untuk memberikan makna atau inti dari teks anekdot tersebut. Oke eksklusif saja kita lihat referensi teks anekdot pendidikan terbaik berikut ini…

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

# Sekolah Bertaraf Internasional

Pak Guru : “Selamat pagi anak-anak, nah Bapak sekarang membawa info mengagumkan nih, sekolah kita sebentar lagi akan dijadikan sekolah bertaraf internasional.”
(Siswa-siswa pada kegirangan, kecuali Ikmal)

Iqbal       : “Wah jadi sebentar lagi sekolah kita akan jadi sekolah internasional ya? Wah jikalau begitu nanti belajarnya pakai bahasa Inggris ya pak?”

Pak Guru : “Iya Iqbal, jadi nanti kebanyakan kita akan menggunakan bahasa Inggris. Kaprikornus Bapak harapkan untuk semua siswa untuk berguru bahasa Inggris lebih giat lagi ya. Nah sekarang selain kemampuan bahasa Inggris yang dipersiapkan, kemampuan apa lagi yang harus disiapkan guna menyambut sekolah SBI ini? Coba Ikmal kau jawab.”

Ikmal       : “Harus siap uang yang banyak Pak”

Pak Guru : “Lho kok kau jawabnya gitu?”

Ikmal       : “Soalnya jikalau sekolah SBI itu kan biayanya mahal, terus nanti pasti sering dimintai iuran untuk ini itu”

Pak Guru : “Kan itu demi kemajuan sekolah kita juga ya to?”

Ikmal      : “Iya sih pak, makanya saya bilang selain SBI itu Sekolah Bertaraf Interansioanl juga Sekolah Bertarif Interansional”

Nah itu beliau referensi teks anekdot pendidikan, nggak lucu ya? emang sih jikalau dalam bentuk goresan pena gini susah untuk membuat hal-hal lucu, tapi jikalau disampaikan secara eksklusif saya yakin sobat-sobat semua pada ketawa deh hehehehe. Oke terima kasih bagi yang sudah berkunjung ke blog saya, dan jangan lupa like dan share artikel ini ya.