Anda Malu Dan Tidak Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris? Ini Solusinya!

Speaking merupakan salah satu hal terpenting  dalam bahasa Inggris. Ini merupakan hal yang lumayan sulit dilakukan oleh orang yang sedang berguru bahasa Inggris jikalau dibandingkan dengan writing, listening ataupun reading. Karena bila kita ingin berbicara bahasa Inggris kita memerlukan pengetahuan ekstra. Misalnya pengetahuan kosa kata bahasa Inggris, English Grammar, pronunciation, dan lain sebagainya.  Banyak orang yang minder, tidak percaya diri atau merasa aib ketika ingin berbicara bahasa Inggris.

Rasa aib dan tidak percaya diri ini timbul alasannya yaitu kemampuan bahasa Inggris yang belum memadai dan ini merupakan hal yang lumrah, alasannya yaitu semua orang bisa mencicipi hal ini. Berikut ini saran-saran dari saya jikalau anda merasa aib atau kurang percaya diri ketika anda ingin berbicara bahasa Inggris:
1. Tanamkan pada diri anda bahwa ini merupaka suatu proses belajar
Bahasa Inggris yaitu sebuah ilmu bahasa  yang tidak bisa dikuasai secara instant atau  secara cepat. Kita memerlukan proses berguru yang tidak sebentar. Dalam suatu proses belajar, sangat wajar jikalau kita melaksanakan kesalahan. Anda janganlah merasa rendah diri ataupun aib jikalau anda melaksanakan kesalahan ketika anda berbicara bahasa Inggris. Anda jangan minder ketika anda salah dalam menyusun sebuah kalimat. Orang atau sobat anda yang bisa berbicara bahasa Inggris dengan baikpun, sebelumnya menyerupai anda. Meraka sering melaksanakan kesalahan ketika berbicara. Makara tanamkan dalam hati dan pikiran anda bahwa ini merupakan proses belajar, hilangkan rasa  tidak percaya diri, minder atau aib dalam latihan speaking. Jika kita berbicara perihal rasa malu, sesungguhnya aib itu adan 2 macam, yaitu malu yang salah dan malu yang benar.
Malu yang salah yaitu rasa aib yang sesungguhnya tidak harus ada pada diri kita. Misalnya: aib meminta maaf, aib membeli barang kreditan, aib memakai baju lama ketika lebaran, aib bertanya sampai sesat dijalan, aib alasannya yaitu hidup miskin, dan aib berbicara bahasa Inggris alasannya yaitu takut salah. Malu yang salah ini tidak harus ada pada diri kita. Jika kita mempunyai perasaan aib yang salah ini, maka yang rugi yaitu diri kita sendiri. Kita berpikir bahwa kita akan diketawaain, kita berpikir bahwa kita akan di hina. Padahal orang lain tidak begitu, dan saya yakin itu hanya pikiran kita saja. Makara kita harus hilangkan rasa aib yang salah ini.
Malu yang benar  adalah rasa aib yang memang harus ada pada diri kita. Misalnya aib untuk korupsi, aib untuk berbohong, aib untuk mencuri, aib untuk menyakiti orang lain, aib untuk berzina, aib untuk tidak membayar hutang, aib meminjam barang dan tidak dikembalikan, dll. Rasa aib ini memang harus ada pada diri kita.
Makara dikarenakan aib untuk berbicara bahasa Inggris alasannya yaitu kemampuan yang belum memadai yaitu aib yang salah, maka hilangkanlah rasa aib  itu pada diri kita.
2. Berbicaralah dengan mencampur bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia
Bila pada ketika anda berbicara bahasa Inggris, ada beberapa kosa kata yang tidak anda ketahui,  maka jangan aib untuk mengatakannya dalam bahasa Indonesia. Misalnya: I want to membeli a new pen in the  toko  buku.  Pada conton ini, anda tidak mengetahui apa bahasa Inggrisnya “membeli” dan “toko buku”. Anda bisa mencampurnya menyerupai referensi kalimat saya tersebut. Jangan aib dan minder untuk melaksanakan hal ini. Tanyalah kepada lawan bicara anda apa bahasa Inggrisnya “membeli” dan “toko buku”. Setelah lawan bicara anda memberi tau apa bahasa Inggris dari kata-kata yang tidak anda ketahui itu, maka ulangi lagi kalimatnya “I want to buy a new pen in the bookstore.”
3. Jadikan  kamus sebagai isi tas anda
Jika anda ingin mengatakan sesuatu kata dalam bahasa Inggris, akan tetapi anda tidak mengetahuinya, maka kamus yaitu barang yang sangat berkhasiat pada ketika itu. misalnya saja anda ingin mengatakan “mandi” dalam bahasa Inggris, dan anda sudah bertanya kepada lawan bicara anda, akan tetapi lawan bicara andapun tidak mengetahuinya, maka bukalah kamus anda. Anda bisa membeli kamus Inggris-Indonesia yang berukuran kecil ataupun sedang, dan  anda jadikan kamus tersebut sebagai  barang yang wajib ada di tas anda.
4. Carilah Topik Pembicaraan Yang Anda Sukai dan Anda Kuasai
Saran saya yang ke-4 ini dapat anda terapkan jikalau anda memang mengatur waktu khusus dengan sobat atau lawan bicara anda untuk berguru speaking. Misalnya hari Minggu besok anda membuat komitmen dengan sobat anda untuk bertemu di suatu taman yang sangat nyaman bagi anda, kemudian anda dan sobat anda membuat komitmen untuk berdiskusi perihal sesuatu hal dalam bahasa Ingggris untuk meninggkatkan kemampuan speaking anda. Maka janganlah anda pilih topik yang sulit. Pilihlah topik yang anda suka dan anda kuasai. Dengan ini maka kosa katanyapun anda ketahui. Bila anda memilih topik yang anda tidak mempunyai pengetahuan perihal itu, maka haruslah anda persiapkan lebih dahulu sebelum anda memulai latihan speaking. Dengan kata lain anda mempunyai referensi yang cukup. Efek positifnya yaitu anda akan mengetahui kalimat-kalimat apa saya yang akan anda ucapkan alasannya yaitu anda sudah mempunyai banyak referensi dan ide.  
5. Berusahalah untuk selalu berguru dan berguru serta jangan putus asa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda.
Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here