Ancaman Militer dan Non Militer : Pengertian, Bentuk dan Contoh

Ok sob, pada artikel ini saya akan mengembangkan wacana ancaman militer dan non militer baik yang berasal dari dalam negeri, maupun yang berasal dari luar negeri. Nah, pada artikel ini nanti sahabat akan saya ajak untuk memahami pengertian ancaman militer dan nonmiliter serta bentuk-bentuknya.

Materi ini akan sahabat dapatkan dikala sahabat mencar ilmu PKn atau Pendidikan Kewarganegaraan, salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa dan siswi seluruh Indonesia.

Oke sob, dari pada kelamaan, eksklusif saja kita mulai pembahasan pertama yaitu pengertian ancaman, kurang lebihnya yakni ibarat ini :

Ancaman yakni segala tindakan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang dinilai mengancam dan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa.

Nah itu beliau sedikit penjelasan wacana apa itu ancaman. Setelah itu, hal selanjutnya yang akan kita bahas yakni bentuk-bentuk ancaman itu sendiri. Perlu sahabat ketahui, sebenarnya ancaman itu dibagi menjadi dua, yaitu ancaman militer dan ancaman nonmiliter.

Dari namanya saja kita sudah sedikit mengetahui maksud dari masing-masing ancaman tersebut, jadi secara sederhananya ancaman militer yakni ancaman yang melibatkan kekuatan militer berupa senjata dan lainnya, sedangkan ancaman non militer yakni ancaman yang tidak menggunakan senjata.

Tapi, untuk lebih jelasnya lagi, sahabat bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Bentuk Ancaman Militer dan Non Militer Terhadap Negara

# Ancaman Militer (Bentuk Ancaman yang Bersifat Tradisional)
Contoh Ancaman Militer
Pengertian ancaman militer yakni ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisir dan dinilai memiliki kemampuan yang dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa bila tidak segera ditangani.
Contoh Ancaman Militer berupa :
  1. Agresi, adalah ancaman militer yang menggunakan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap suatu negara yang dapat membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah negara tersebut, dan juga membahayakan keselamatan segenap bangsa tersebut.
  2. Pelanggaran Wilayah yang dilakukan negara absurd dengan menggunakan peralatan ibarat kapal maupun pesawat.
  3. Spionase, yakni ancaman militer yang dilakukan terhadap suatu negara yang kegiatannya berupa kepetangan dan dilakukan oleh negara lain yang bertujuan untuk mencari dan menerima dokumen diam-diam militer suatu negara.
  4. Sabotase, adalah ancaman militer yang dilakukan oleh suatu negara yang kegiatannya mempunyai tujuan untuk merusak instalasi militer dan obyek vital nasional.
  5. Ancaman dari teroris baik dari jaringan luar negeri maupun dalam negeri.
  6. Pemberontakan yang menggunakan senjata.
  7. Perang Saudara yang menggunakan senjata.
Itu beliau beberapa rujukan ancaman militer yang perlu sahabat ketahui, selanjutnya untuk mengetahui perbedaan militer dan non militer, silahkan baca ulasan dibawah ini.
# Ancaman Non Militer (Bentuk Ancaman yang Bersifat Non Tradisional)

Contoh Ancaman Non Militer
Pengertian ancaman non militer yakni ancaman yang tidak menggunakan kekuatan senjata, namun kalau dibiarkan akan mengancam atau membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa.
Contoh Ancaman Non Militer berupa :
  1. Perdagangan dan penyalahgunaan narkoba atau obat-obatan terlarang.
  2. Imigrasi gelap atau imigrasi ilegal.
  3. Pencurian sumber daya alam secara ilegal.
  4. Banyak tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).
  5. Kemiskinan dan Kebodohan.
Nah itu beliau sob artikel dari saya mengenai rujukan ancaman militer dan non militer, semoga bermanfaat ya bagi sahabat semua. Oke sob saya cabut dulu….