Anatomi Bagian Bagian Hidung dan Fungsinya

Hai sob, kita akan membahas ihwal bab episode hidung dan fungsinya bagi sistem pernafasan manusia. Kita akan membahas ihwal anatomi hidung, kita juga akan mencari tahu fungsi hidung bagi insan sendiri.

Pasti sahabat semua punya hidung kan? Ya hidung yaitu salah satu organ penting yang Allah berikan kepada kita dengan banyak fungsi dan manfaatnya bagi kita. Bayangkan bila kita tidak punya hidung? Apa yang terjadi sob? Bayangkan sendiri ya…..

Pengertian hidung menurut , hidung yaitu organ yang berfungsi untuk menghirup udara pernapasan, menyaring udara, dan menghangatkan udara pernapasan.

Itu menurut sob, untuk pengertian lainnya mampu sahabat kembangkan sendiri.

Oke kita pribadi saja pada pembahasan kita yaitu bab episode hidung dan juga fungsinya bagi manusia.

Bagian Bagian Hidung

Anatomi Bagian Bagian Hidung dan Fungsinya

Lubang hidung
Secara normal, jumlah lubang hidung ada 2 yang bekerjasama pribadi dengan rongga hidung. Nah lubang hidung sendiri memiliki ukuran yang bervariasi untuk setiap individu, ada yang memiliki lubang hidung kecil, ada juga yang memiliki lubang hidung besar, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor keturunan atau juga mampu alasannya yaitu kecelakaan.

Rongga Hidung
Rongga hidung memanjang hingga bab nasofaring. Rongga hidung seseorang terbagi dalam 3 wilayah yaitu ruang depan, tempat penciuman dan tempat pernafasan. Wilayah penciuman berada pada puncak dari rongga hidung. Dan dilapisi dengan sel penciuman dan reseptor penciuman. Selanjutnya wilayah pernafasan, wilayah ini pada rongga hidung yaitu bab yang paling besar, dilapisi dengan epitel bersilia psudeostratified. Dan di dalam epitel diselingi dengan sel goblet mukus. Yang terakhir pada rongga hidung terdapat vestibulum yang mengacu ke tempat sekitar pembukaan eksternal hingga dengan rongga hidung manusia.

Sel saraf pembau
Bagian inilah yang membuat sahabat mampu mencium bacin sesuatu, baik itu wangi-wangian, bacin busuk atau bacin lainnya. Sel saraf ini memiliki peran untuk menangkap zat kimia yang tercampur di udara. Di bab ini juga terdapat rambut-rambut halus yang bekerjasama ke urat saraf, dan bersatu menjadi saraf penciuman menuju otak.

Sinus
Bagian bab hidung selanjutnya yaitu sinus. Pengertian sinus sendiri yaitu 4 buah rongga yang mempunyai lerak berbeda di sekitar tempat hidung. Sinus berada pada bab rongga samping dan atas dari hidung, dan sudah terbentuk semenjak pertama kali seseorang dilahirkan. Sementara pada bab dahi rongga, sinus tidak muncul hingga seseorang mencapai umur 7 tahun.

Setelah berguru ihwal bab episode hidung, selanjutnya kita akan mencari tahu fungsi hidung, berikut beberapa fungsi hidung :
  1. Sebagai organ penyaring udara
  2. Sebagai organ membantu menghangatkan suhu udara yang kita hirup
  3. Sebagai indra pencium
Sekian dari aku dan terima kasih,