Alat Reproduksi Pria Luar Dalam dan Fungsinya

Hai sahabat semua, pada artikel ini saya akan membahas ihwal alat reproduksi pria dan fungsinya untuk sahabat semua. Nah bahan biologi ini sahabat dapatkan ketika duduk dibangku SMP/MTS dan akan dibahas lebih detail lagi pada ketika masuk SMA dan kursi perkuliahan.

Makara bagi sahabat yang sedang mencari gosip ihwal alat reproduksi pria dan fungsinya, maka sahabat sangat pas jikalau datang di blog sederhana milik saya ini. Untuk mengetahui lebih dalam, ada baiknya untuk membaca keseluruhan isi artikel supaya mendapat pemahaman yang mendalam lagi ya sob.

Oke tida usah berbasa-basi, pribadi saja kita mulai pemabahasan kita ihwal alat reproduksi pria. Nah untuk kaum pria pasti sudah tidak abnormal dengan alat-alat ini, alasannya yakni itukan barang miliknya sendiri, pasti sudah cukup pahamlah nama-namanya, tapi mungkin sahabat belum tahu fungsinya, jadi sekalian deh saya kasih fungsi dari masing-masing alat yang sahabat laki-laki semua miliki.

Alat Reproduksi Pria

Alat Reproduksi Pria dan Fungsinya


Alat Reproduksi Luar
  1. Penis, fungsinya sebagai alat kopulasi (persetubuhan).
  2. Skrotum (kantong pelir/buah zakar), berfungsi sebagai pelindung testis dan pengatur suhu yang sesuai bagi spermatozoa.

Alat Reproduksi Dalam
  1. Testis, jumlahnya sepasang, bentuk bundar telur, tersimpan di dalam skrotum. Fungsinya sebagai daerah pembentukan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormon kelamin (testosteron). Pembentukan sperma oleh induk sperma (spermatogonium) terjadi dalam tubulus seminiferus. Diantara tubulus seminiferus terdapat sel-sel Leydig yang menghasilkan hormon testosteron dan hormon androgen lainnya. Diantara sel-sel yang sedang membelah terdapat sel Sertoli sebagai penyedia makanan bagi spermatozoa.
  2. Saluran reproduksi, terdiri dari sebagai berikut :
    Epididimis, yaitu akses yang keluar dari testis, berfungsi sebagai daerah pematangan dan penyimpanan sementara sperma.
    Vas deferens, merupakan akses lanjutan dari epididimis yang berfungsi mengangkut sperma dari epididimis ke vesikula seminalis (kantong sperma).
    Saluran ejakulasi (duktus ejakulatorius), merupakan akses lanjutan pendek yang menghubungkan vesikula seminalis dengan uretra.
    Uretra yakni akses yang panjang terusan dari akses ejakulasi dan terdapat di penis. Uretra berfungsi sebagai alat pengeluaran urine keluar badan dan sebagai akses kelamin, yaitu akses semen dan vesikula seminalis.
  3. Kelenjar Kelamin, antara lain sebagai berikut :
    Vesikula seminalis (kantong mani atau kantong semen), menghasilkan cairan kekuningan bersifat basa yang berfungsi memberi makan sperma.
    Kelenjar prostat, menghasilkan getah yang bersifat encer, mengandung kolesterol, garam, dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsungan hidup spermatozoa.
    Kelenjar bulbouretral/kelenjar Cowper, menghasilkan cairan kental yang berfungsi melicinkan (lubrikasi) dalam pergerakan sperma.
Alat Reproduksi Pria dan Fungsinya
Sperma yang telah bercampur dengan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar kelamin disebut semen. Semen berfungsi menunjukkan media bagi sperma untuk pergerakannya disaluran vagina, menetralkan cairan asam vagina yang dapat membunuh bakteri.

Nah sekian artikel dari saya mengenai Alat Reproduksi dan Fungsinya, supaya bermanfaat untuk sahabat semua, jangan lupa like dan share artikel ini ya, Terima kasih.