A little/little dan A few/few

Tiba saatnya kita membahas a little dan a few. Dalam bahasa Indonesia, a little dan a few mempunyai arti sedikit/tidak banyak dan mampu juga mempunyai arti beberapa. Mereka ini juga termasuk quantifier sama hal nya dengan “much, many, some, any”. Untuk mememudahkan kita memahami pemakaian a little dan a few, kita harus memahami countable dan uncountable nouns lebih dahulu. Countable dan uncountable nouns telah aku jelaskan pada pembahasan sebelumnya.

A Little

Kata ini dipakai untuk benda yang tidak mampu dihitung, menyerupai gula (sugar), garam (salt), air (udara), money (uang), water (air), dll. Kata a little mempunyai makna positif, dengan kata lain makna kasatmata ini berarti si pembicara merasa puas, merasa cukup atas benda yang mengikuti sesudah kata a little tersebut. Masih bingung? heee Kita pribadi masuk pada rujukan kalimat saja.

She needs a little sugar.= Dia membutuhkan sedikit gula.
There is a little milk in the refrigerator..=Ada sedikit susu di dalam lemari es.
They buy a little salt.=Mereka membeli sedikit garam.
I have a little money.=Saya mempunyai sedikit uang.

Perhatikan rujukan kalimat di atas! Kata-kata yang dicetak tebal yaitu kata benda yang tidak mampu dihitung, oleh sebab itu bila kita ingin mengatakan “sedikit gula” dalam bahasa Inggris menjadi “a little sugar”. Bagaimana, mudah bukan cara pemakaiannya.
Jika kita mengatakan ” I have a little money.” Berarti si pembicara merasa puas, merasa cukup atas uang yang dimilikinya walaupun itu sedikit atau tidak banyak. Nah, inilah yang dimaksud dari “makna positif” pada penjelasan aku di atas.

Little

Disamping a little, dalam bahasa Inggris orang sering juga menggunakan “little” tanpa memperlihatkan artikel a sebelum kata little. Perlu diketahui bahwa a little dan little itu berbeda, walau dalam bahasa Indonesia kita terjemahkan dengan kata yang sama yaitu ‘sedikit’ akan tetapi mempunyai makna yang berbeda. Di atas telah dijelaskan bahwa a little mempunyai makna kasatmata dan  little mempunyai makna negatif.
Jika kita mengatakan “I have little money”, berarti si pembicara merasa tidak cukup, merasa tidak puas atau merasa tidak senang atas uang yang ia miliki tersebut.

A Few

Kata ini kebalikan dari a little, bila a little untuk benda yang tidak mampu dihitung, a few untuk benda yang mampu dihitung atau countable nouns. Perhatikan contoh-contoh di bawah ini!

Doni has a few books.
Rina doesn’t have a few pens.
Do you bring a few pencils?
Do they need a few spoons?
A few cars are parked in the yard.
There are a few cats in the room.

Perhatikan contoh-contoh diatas! Setelah kata a few terdapat kata benda yang mampu dihitung, di samping itu perlu juga diperhatikan bahwa, kata benda sesudahnya haruslah berbentuk jamak. Untuk problem kata benda jamak/plural dan juga kata benda tunggal/singular telah dibahas pada pembahasan-pembahasan sebelumnya.

Semoga penjelasan mengenai a little dan a few ini mampu dipahami. Sama halnya dengan a little, a few juga mempunyai makna positif.

Few

Few sama halnya dengan little, few mepunyai makna negatif.
Contoh:
I  have few books.
Pada kalimat ini berarti si pembicara tidak merasa cukup, tidak merasa senang dan juga puas atas buku yang ia miliki, ini yang dimaksud makna negatif pada kata few.
Semoga penjelasan aku ini mampu dimengerti. Saya ulangi kemabali, A little/little dipakai untuk benda yang tidak mampu dihitung atau uncountable noun, akan tetapi a little mempunyai makna kasatmata dan little mempunyai makna negatif.
A few/few digunakan untuk benda yang mampu dihitung dan harus berbentuk jamak. A few bermakna kasatmata dan few bermakna negatif. Untuk penjelasan makna negatif dan positifnya agar sudah mampu dipahami dari penjelasan aku di atas.

Soal Latihan: A few / A little

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *