6 Rahasia Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan [TERBUKTI]

Belajar merupakan suatu kewajiban bagi seluruh insan yang masih diberi nyawa. Menurut islam sendiri, menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim dari semenjak lahir hingga simpulan hidup menjemput.

Nah alasannya menuntut ilmu sangatlah penting, maka pada artikel ini saya akan membuatkan kepada sobat semua Rahasia Tips Belajar dari Saya yang sudah saya buktikan sendiri.

Ingat, tips ini tidak hanya untuk sobat-sobat yang sedang duduk dibangku sekolah saja, melainkan lebih kompleks dari itu.

Artinya sobat semua mampu mempraktekan tips mencar ilmu efektif dari saya ini dalam banyak sekali bidang yang sobat tekuni, entah itu dalam mencar ilmu di sekolah, di perkuliahan, atau bahkan di pekerjaan sobat.

Mempelajari suatu hal, terutama hal yang gres memang tidaklah mudah. Pasti akan ada kesulitan-kesulitan yang akan sobat alami.

Tipe Belajar Efektif dan Efisien

Hal ini terjadi pada sebagian orang yang tengah menghadapi suatu kondisi atau situasi baru, menyerupai misalnya seorang anak sekolah yang gres kenal dan mempelajari yang namanya fisika, matematika, dan sebagainya.

Namun, tidak semua orang mengalami hal tersebut. Ya dengan kecintaan atau kesenangan dengan hal-hal gres tersebut, pikiran “susah” pasti sudah hilang jauh-jauh semenjak awal.

Menurut survey, kebanyakan orang akan lebih cepat memahami suatu hal jikalau memang ia pada dasarnya menyukai hal tersebut.

Nah hal itu mampu kita jadikan suatu metode untuk bisa mencar ilmu dengan efektif dan efisien, artinya tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama untuk memahami adanya bahan baru.

Tapi, penerapan dalam konteks yang tolong-menolong memang tidaklah semudah membalikan telapak tangan, ada saja hal-hal yang membuat kita merasa terbebani.

Untuk mengatasinya, berikut ini tips mencar ilmu rahasia ala saya yang mana saya juga ambil beberapa point mengenai cara mencar ilmu yang baik menurut islam. Jika kau seorang muslim, silahkan untuk membaca artikel ini juga Tips mencar ilmu yang baik menurut Islam

So bagi sobat yang bertanya-tanya bagaimana cara mencar ilmu efektif dan efisien, silahkan simak point-point penting dibawah ini.

Point-Point Penting:

Sobat mampu melompat ke bahan yang ingin sobat pahami dengan cara meng-klik point-point diatas.

Tips Belajar Efektif dan Efisien

#1. Temukan Rasa Nyaman Ketika Belajar
Tips Belajar dengan Nyaman

Tips #1 sekaligus tips yang paling menurut saya yaitu dengan membuat diri kita senyaman mungkin ketika mempelajari suatu hal, apalagi kalau hal itu adalah hal gres yang belum kita pelajari sebelumnya.

Rasa nyaman membuat pikiran kita menjadi lebih konsen untuk menerima banyak sekali hal-hal gres dan membuatnya menjadi lebih familiar dipikiran kita, sehingga akan semakin mudah bagi kita untuk memahami hal tersebut.
Bagi sebagian orang termasuk saya sendiri, saya sangat mudah sekali menemukan rasa nyaman ketika mempelajari suatu hal, apalagi kalau hal tersebut adalah hal yang saya gemari.
Misalnya, saya sangat senang membuat blog dan mempelajari yang namanya Search Engine Optimization, hampir setiap hari saya mempelajari hal-hal gres tentang SEO ini yang notabene adalah suatu ilmu yang tidak pasti.
Berbeda dengan materi-materi sekolah yang ilmunya sudah pasti, sudah ada rumusnya dan sudah ada cara penyelesaiannya.

Mempelajari suatu hal yang kita tidak tahu rumusnya memang tidaklah mudah, namun alasannya saya memiliki modal awal, yaitu “Suka”, hal tersebut menjadi menyenangkan dan mudah saya pahami.

Walaupun saya akui saya tidak terlalu bagus dalam mencar ilmu materi-materi sekolah, namun setidaknya nilai saya juga tidak jelek-jelek amatlah heheheh.

Dari pengalaman saya diatas sobat mungkin sudah mampu mengambil sedikit ilmu yaitu:

Jika kita ingin merasa nyaman mempelajari sesuatu, berusahalah untuk menyukai hal itu (Alan-17) 

Setelah membaca ini mungkin sobat akan bilang “ya iya lah nyaman, lha yang dipelajari hal yang disukai, semua orang bakalan sama kali“.

Bagi sobat yang bilang demikian memang benar, tapi nyatanya tidak semua orang bisa menghasilkan sesuatu dari apa yang disukainya.

Saya ambil tumpuan sederhananya deh, sobat suka musik, nah sekarang saya tantang sobat untuk membuat sebuah karya musik, mungkin sebagian bisa, tapi saya yakin sebagian lagi tidak bisa, alasannya itu ia hanya sebatas suka saja.

Contoh lain sobat suka sama seseorang, nah sobat nggak ada action buat ndeketin atau hanya sebatas suka saja, apakah cewek tersebut bakal sobat dapetin? heheheheh BTW admin jomblo yo, bagi yang mau daftar silahkan komen wkwkwkwk.

Oh ya, bagi sobat yang masih sekolah, sobat sangat wajib menerapkan tips #1 ini.

Untuk sobat yang masih sekolah saya yakin lebih dari 80% akan bertentangan dengan apa yang sudah saya bahas diatas tadi.

Tadi kan saya bahas mengenai mencar ilmu efektif dari hal-hal yang disukai, nah untuk sobat yang masih sekolah kebanyakan tidak menyukai semua yang dipelajari ketika disekolah, hal itu alasannya sistemnya semuanya harus dipelajari.

Seseorang yang suka Fisika belum tentu suka Kimia, seseorang yang suka Kimia belum tentu juga suka Biologi dan sebaliknya.

Itulah mengapa sobat perlu mengetahui tips mempelajari semua bahan sekolah dengan efektif dan efisien.

Tips cara mencar ilmu yang menyenangkan bagi sobat yang ingin memahami bahan pelajaran yang tidak terlalu disukai:

Sobat mampu membuat kondisi belajar yang nyaman, misalnya sobat nyaman ketika belajar di suatu bimbingan belajar, maka sobat mampu mengikuti Bimbel.

Bagi sobat yang tidak tahu bimbel mana yang bagus, saya ada rekomendasi yang mungkin mampu jadikan sobat pilihan, yaitu Ruangguru.

Atau mungkin sobat nyaman ketika belajar sendiri sambil ditemani cemilan, Intinya buat kondisi belajar yang senyaman mungkin.
NOTE! PENTING!
Sebagian orang ada yang nyaman mencar ilmu sambil mendengarkan musik, namun menurut saya pribadi, metode tersebut sangatlah kurang efektif, saya sudah membuktikannya sendiri.

Contohnya, biasanya, saya mampu mempelajari 1 adegan suatu materi hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, tapi ketika saya mendengarkan lagu, saya gres mampu mempelajari bahan tersebut selama 2 jam.

Itu alasannya otak manusia memang tidak dirancang untuk multitasking atau menjalankan beberapa peran sekaligus. Makara kita harus fokus akan suatu hal. 
Hal itu berlaku juga untuk korelasi dengan si doi ya, jangan fokus ke yang lain heheheheh. BTW, sekali lagi admin masih jomblo ya, bagi yang ingin daftar silahkan komen dibawah wkwkwkwk.
#2. Gunakan Metode Mencicil
Cara Belajar yang Menyenangkan

Selain tidak dirancang untuk multitasking, otak kita juga tidak bisa untuk menampung berbagai hal secara langsung. Untuk itu kita perlu tips belajar menggunakan metode mencicil.

Banyak orang termasuk saya sendiri cukup kesulitan jikalau harus menampung berbagai ilmu secara langsung, tapi mungkin sebagian orang bisa melakukannya tapi saya yakin hal itu tidak akan bertahan lama, artinya ingatannya tidak bisa mempertahankan lebih lama ilmu-ilmu yang masuk secara berlebihan tersebut.
Tips belajarnya yaitu dengan mempelajari suatu hal secara sedikit demi sedikit. Kita ambil tumpuan mencar ilmu bahan fisika yang notabene terdapat banyak sekali rumus.
Misal Bab yang kita belajari adalah tentang bab Gerak, seingat saya ada bahan GLB, GLBB, Gerak Parabola, Gerak Jatuh Bebas dll, mohon koreksinya ya jikalau salah.
Nah dari berbagai bahan tersebut kita mampu mempelajari 1 bahan terlebih dahulu hingga paham. Misalnya untuk 1 bahan kita butuh waktu 2 jam, jadi untuk mempelajari bab Gerak kita membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Tentunya waktu 8 jam jangan diselesaikan dalam sehari ya, bisa puyeng kepala tuh heheheh.
Kebanyakan siswa melakukan kesalahan yaitu menyelesaikan 1 bab hanya dalam waktu sehari, biasanya ini menjelang detik-detik ujian ya (True Story).
Jadi jika ingin mencar ilmu dengan efektif, maka aturlah waktu mencar ilmu dengan sebaik mungkin dengan tidak membebani pikiran kita.

Nah jikalau sobat ingin tahu lebih lengkap lagi wacana bagaimana sih cara mencar ilmu yang efektif itu, silahkan kunjungi artikel saya berikut: tips bagaimana mencar ilmu dengan efektif.

#3. Cari Rekan/Tentor Belajar
Cara Belajar Efektif di Sekolah

Tips Belajar #3 ini mampu dibilang penjabaran dari point #1 tadi. Bagi sobat yang nyaman belajar dengan ditemani orang lain, maka tips ini sangat penting untuk sobat ketahui.

Ternyata, mencar ilmu dengan teman-teman atau tentor mampu membuat kita lebih cepat menyerap bahan yang sedang kita pelajari.

Yang paling efektif adalah belajar dengan sahabat bermain, walaupun kebanyakan bercandanya, tapi pasti ada saja bahan yang nyantol dipikiran kita, dan kabar baiknya biasanya sering terngiang-ngiang dipikiran kita.

Nah sekarang untuk membuat mencar ilmu bareng menjadi lebih efektf, sobat dan teman-teman harus membuat sebuah kesepakatan terlebih dahulu, misalnya ketika belajar tidak boleh ada yang bermain hp.

Buat peraturan yang simpel dan tidak mengekang anggota mencar ilmu dan sebisa mungkin tetap buat kondisi belajar menjadi fun.

#4. Budayakan Belajar Setiap Waktu
Waktu Belajar yang Baik

Tips mencar ilmu #4 adalah dengan membuat mencar ilmu sebagai budaya dan aktivitas wajib setiap waktu. Saya sudah mempraktekannya sendiri dan manfaatnya sangat banyak sekali.

Dengan membiasakan diri belajar setiap hari, entah itu 30 menit 1 jam atau lebih membuat kita tidak akan merasa terbebani, malahan akan membuat kita menjadi senang.
Saya sendiri hampir setiap waktu mencar ilmu yang namanya SEO tadi, uniknya, ketika mempelajari hal tersebut, saya merasa tidak sedang belajar.

Hal ini tentunya sangat bagus alasannya membuat diri kita menjadi lebih nyaman seperti yang sudah saya bahas pada tips #1 tadi.

Manfaat mencar ilmu secara berkelanjutan memiliki manfaat yang sangat banyak, kita menjadi lebih familiar dengan apa yang kita pelajari, bahkan mungkin kita sudah paham seluk beluk bahan tersebut diluar kepala.
#5. Pilih Waktu yang Membuat Sobat Nyaman
Tips selanjutnya, sobat mampu memilih waktu mencar ilmu yang membuat sobat nyaman. Misalnya sobat lebih nyaman mencar ilmu ketika pagi hari, maka lakukanlah pagi hari atau siang hari, sore hari atau mungkin malam hari.
Yang perlu diingat, ketika belajar malam hari, jangan hingga terlalu larut, alasannya akan kurang efektif nantinya. Misalnya batasi hingga jam 9 malam saja.
Waktu mencar ilmu yang baik menurut saya yaitu ketika dini hari sekitar pukul 3 pagi.

Entah kenapa ketika saya mencar ilmu dini hari saya lebih mudah untuk memahami bahan yang saya pelajari. Agar semakin efektif, sobat usahakan untuk tidak tidur terlalu larut jikalau ingin mencar ilmu pada waktu dini hari.

Saya sendiri biasnya tidur sekitar jam 9 malam, selain membuat saya nyaman ketika belajar pagi hari ini juga rahasia cara mencar ilmu efektif di sekolah ketika pagi hari.

Bagi sobat yang ingin tahu waktu yang paling cocok untuk sobat belajar, silahkan baca artikel ini Belajar Pagi vs Malam, Efektif Mana?

#6. Tips Belajar dengan Cara Hafalan
Selanjutnya adalah belajar dengan menggunakan metode hafalan.

Untuk point ini tentunya khusus bagi yang ingin menghafal suatu materi yang memang membutuhkan hafalan dalam mempelajarinya.

Saya sudah bahas tips #6 ini pada artikel saya yang tersendiri, jadi silahkan sobat check link berikut ini Rahasia Saya Menghafal Materi dengan Cepat.

Nah itu beliau artikel panjang dari saya cara mencar ilmu yang benar semoga cepat masuk otak, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan komen dibawah ya. Terima kasih 🙂