6 Bahaya Menonton Televisi Terlalu Lama Bagi Kesehatan

     Hobi menonton televisi…???. Hampir sebagian besar orang tentu menyukai melihat atau menonton televisi dalam kehidupannya. Televisi memang memperlihatkan banyak sekali hiburan dan program yang memanjakan mata setiap orang. Kitapun tidak sadar telah duduk berjam-jam hanya untuk sekadar menyaksikan banyak sekali program yang disajikan banyak sekali stasiun televisi dari film, sinetron, program olahraga hingga gosip artis idola anda. Tapi berdasarkan faktanya, menonton televisi dengan durasi waktu yang lama sangat tidak baik untuk kesehatan badan anda. Lalu, apa saja ancaman menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan badan anda….???

     Sahabat, tips kesehatan. Televisi memang menyajikan banyak sekali hiburan dan menambah pengetahuan bagi pemirsanya. Melalui televisi, kita dapat mengetahui banyak sekali informasi dari belahan dunia serta informasi terbaru yang sedang hangat diperbicangkan. Berbagai program televisi tentu bukan penyebab banyak sekali duduk perkara kesehatan pada badan anda. Dalam hal ini, usahakan jangan terlalu lama duduk di depan televisi. Ini dapat anda lakukan dengan membatasi waktu untuk menonton televisi setiap hari. Tips kesehatan kali ini akan mengulas banyak sekali ancaman kesehatan ketika seseorang menonton televisi terlalu lama. Berikut ini banyak sekali ancaman menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan :

  1. Memicu Meningkatnya Resiko Penyakit Jantung. Melihat televisi terlalu lama (lebih dari 4 jam sehari) dapat menyebabka duduk perkara atau penyakit pada organ jantung. Ini dikarenakan, ketika seseorang menonton televisi, maka tubuhnya sedikit sekali bergerak dalam waktu yang relatif lama. 
  2. Jam Tidur Malam Yang Tidak Teratur. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap malamnya untuk mempertahankan kesehatan badan itu sendiri. Membiarkan mata untuk melihat program televisi hingga larut malam tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan badan dari hari ke hari.  
  3. Memperbesar Resiko Diabetes. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, menghasilkan bahwa resiko penyakit diabetes akan meningkat mencapai angka 14 persen, ketika seseorang menonton televisi selama dua jam dalam seharinya. 
  4. Penambahan Berat Badan Berlebih Atau Kegemukan. Kegemukan pada badan tentu memicu munculnya banyak sekali duduk perkara dan gangguan kesehatan serta penyakit. Kurang aktif bergerak serta mengemil berlebih ketika menonton televisi merupakan faktor pemicu obesitas atau kegemukan itu sendiri.  
  5. Meningkatnya Resiko Serangan Asma. Menonton televisi dengan durasi yang lama dapat menjadikan seseorang terserang penyakit asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di inggris terhadap 3000 anak, mulai usia bayi hingga dengan usia 11 tahun, menunjukkan bahwa belum dewasa tersebut akam memiliki resiko menderita asma dua kali lipat ketika melihat program televisi selam dua jam atau lebih setiap hari. 
  6. Menurunkan Kesehatan Organ Mata. Saat menonton program favorit ditelevisi, organ mata akan jarang berkedip dan selalu fokus pada satu objek didepannya. Hal inilah yang akan membuat organ penglihatan akan menurun dari waktu ke waktu. 

Artikel Kesehatan Lainnya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *