5 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

Tanda-Tanda akan Melahirkan

Ibu Hamil yang sebelumnya pernah melahirkan pun biasanya resah untuk mendeskripsikan apa saja tanda akan melahirkan. Tidak jarang ibu hamil telah bergegas ke rumah sakit untuk melahirkan, namun hingga di rumah sakit oleh dokter disuruh kembali pulang alasannya ialah memang waktu melahirkan belum saatnya. Banyaknya tanda awal kelahiran yang begitu mudah disalah artikan menjadi penyebab kesalahan prediksi waktu persalinan.

Agar Ibu Hamil dan suami tidak terlalu cemas dan bingung, sebaiknya anda mengetahui 5 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Ketuban Pecah, dengan ciri cairan yang keluar tidak terlalu banyak atau tidak mengalir deras, hal ini dikarenakan apabila waktu kelahiran telah tiba, maka kepala bayi akan mencegah air ketuban keluar dalam jumlah banyak. 80% wanita akan melahirkan dalam waktu sekitar 12 jam setelah ketuban pecah. Dan apabila bayi tidak lahir setelah lebih dari 12 setelah ketuban pecah, maka perlu induksi untuk mengurangi risiko terjadinya abses dan keracunan pada janin. 
  2. Kontraksi yang Kuat dan Berulang terjadi terus menerus hingga bayi dilahirkan. Rasa sakit menjelang persalinan normal tidak berkurang bahkan cenderung bertambah sebelum buah hati anda benar-benar dilahirkan. Sehingga apabila kontraksi yang anda rasakan hanya sejenak lalu hilang dengan sendirinya, maka mungkin bukan membuktikan untuk persalinan. Kontraksi menjelang persalinan dirasakan seakan-akan ada sabuk ketat yang mengikat mulai dari area punggung dan menyebar hingga ke episode depan perut ibu hamil. 
  3. Ada Bercak yang Keluar dari Miss V, dikarenakan pembuluh darah serviks pecah ketika terbuka. Apabila bercak darah ini telah terjadi, maka proses kelahiran mampu terjadi dalam waktu beberapa jam, hari, atau ahad kemudian. Hal ini dikarenakan bercak darah hanya menjadi tanda bahwa serviks mengalami perubahan.
  4. Mengalami Diare, dikarenakan adanya zat prostaglandin yang menstimulasi isi perut dan menimbulkan seringnya buang air besar. Pada dasarnya, zat prostaglandin berkhasiat untuk membuat uterus kontraksi dan melunakkan serta melebarkan serviks menjelang persalinan,
  5. Rasa Sakit yang Amat Sangat di Bagian Punggung, yang jauh lebih parah dibandingkan sakit punggung selama kehamilan.

Dengan mengetahui tanda ibu hamil akan segera melahirkan, maka anda mampu dan menerima penanganan yang sempurna ketika saat proses persalinan normal. Dan tentu apabila memang telah mendekati hari perkiraan lahir, sebaiknya ibu hamil selalu berada dengan orang terdekat dan siap apabila ada kondisi darurat menjelang persalinan.

Ringkasan:

  • Tanda persalinan yang beragam mampu membingungkan ibu hamil untuk pergi kerumah sakit,
  • Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan ialah Ketuban Pecah, Kontraksi yang Kuat, dan Berulang, Ada Bercak, Mengalami Diare dan Rasa Sakit Berlebihan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *