3 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Dengan Tepat

Menghitung Masa Subur

Masa subur dapat diartikan sebagai masa di mana siklus haid seorang wanita terdapat sel telur yang telah matang dan juga siap untuk dibuahi. Sehingga, seorang perempuan yang sedang dalam masa subur dan melaksanakan kekerabatan suami istri, maka kesempatan untuk menerima keturunan akan menjadi lebih besar. Hal ini membuat pasangan yang ingin cepat mempunyai keturunan berkesempatan lebih besar dibandingkan hari-hari di luar masa subur. Akan tetapi, terdapat pula pasangan yang belum menginginkan keturunan sehingga harus lebih mampu memahami kapan masa subur pasangannya

Agar mengetahui kapan masa subur wanita sesungguhnya, terdapat beberapa metode yang mampu digunakan. Sebenarnya, dalam menghitung masa subur, tidak terlalu sulit dan rumit untuk dilakukan. Beberapa metode bahkan hanya memerlukan setidaknya ketelitian dan kecermatan. Bagi Anda para wanita yang ingin mengetahui masa subur Anda sebagai pengontrol kehamilan, Anda mampu menentukannya dan menghitungnya supaya Anda mampu hamil ataupun tidak hamil.

Anda pun harus memahami apakah sel telur Anda sudah matang dan siap untuk dibuahi. Berdasarkan info dari dokter dalam bidangnya, masa subur mampu dipahami dengan cara menghitung periode siklus menstruasi wanita, perubahan suhu badan yang terjadi, serta perubahan lendir pada miss V.

Jika dihitung dari siklus menstruasi, Anda harus menentukan apakah siklus menstruasi Anda normal dan lancar. Hal ini untuk mengetahui siklus mentruasi yang biasanya dalam 28 hari dan masa subur yaitu setengah dari jumlah hari siklus menstruasi tersebut. Akan tetapi, masa subur yang dipengaruhi oleh siklus menstruasi pada setiap wanita tidaklah sama. Hal tersebut yang akan membedakan proses serta penghitungan masa kesuburan pada tiap wanita.

Perubahan lendir yang terjadi pada wanita untuk mengetahui masa suburnya yaitu dengan mengenali tingkat kepekatan dari lendir tersebut. Getah lendir yang keluar dari leher ekspresi rahim mampu diperiksa setiap harinya. Apabila lendir tersebut mampu membentang menyerupai benang dalam jarak sekitar 2-3 cm maka hal tersebut membuktikan Anda dalam keadaan subur. Akan tetapi kalau lendir tersebut putus maka Anda dalam masa tidak subur.

Hal selanjutnya yang mampu Anda lakukan untuk Mengetahui Masa Subur yaitu dengan mengukur suhu badan wanita. Hal tersebut dilakukan alasannya yaitu pada dikala ovulasi maka suhu badan akan turun dan kemudian naik kembali menjadi 37 sampai 38 derajat celcius. Padahal suhu normal seharusnya yaitu 35,5- 36 derajat clcius.

Untuk mengetahui secara pasti kemungkinan masa subur pada wanita, maka Anda perlu mengkonsultasikan kepada dokter semoga benar-benar yakin dalam perencanaan kehamilan.

Ringkasan:

  • Masa subur wanita mampu diketahui dengan beberapa metode
  • Siklus menstruasi mampu menentukan periode masa subur dengan perhitungan normal 28 hari
  • Masa subur juga mampu dilihat dari lendir dan suhu badan wanita pada dikala keadaan subur yang akan berbeda dengan kondisi pada dikala normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *