25 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli hukum di Dunia

25 Pengertian Hukum Menurut Par Ahli Hukum Didunia Hukum??? mendengar kata hukum Sudah biasa  didengar, dari zaman ke zaman hukum sudah ada. Disetiap negara pasti memiliki hukum nya masing-masing, baik itu hukum negara, hukum agama, maupun hukum yang berlaku didalam kehidupan. Tapi tidak banyak yang mengerti atau memahami wacana hukum. Dan dari situ Beberapa para jago hukum mengemukakan pendapatnya berbeda-beda wacana pengertian hukum, dan karena itu, disini akan memberi tahu mengenai pengertian hukum yang dikemukakan oleh para jago didunia sebagai berikut.
 

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli di Dunia :

1. Plato
Menurut Plato Hukum merupakan seperangkat peraturan-peraturan yang tersusun dengan baik dan teratur dan bersifat mengikat hakim dan masyarakat.
2. S.M. Amir, S.H.
Menurut S.M. Amir, S.H. hukum merupakan peraturan, kumpulan peraturan-peraturan yang terdiri dari norma-norma dan sanksi-sanksi.
3. Austin
Menurut Austin hukum ialah sebagai peraturan yang diadakan untuk memberi bimbingan kepada makhluk yang berilmu oleh makhluk yang berilmu yang berkuasa atasnya (Friedmann, 1993: 149).
 
4. Immanuel Kant
Menurut Immanuel Kant Hukum ialah segala keseluruhan syarat dimana seseorang memiliki kehendak bebas dari orang yang satu dapat beradaptasi dengan kehendak bebas dari orang lain dan menuruti peraturan hukum wacana kemerdekaan. 
5. Achmad Ali
Menurut Achmad Ali Hukum ialah seperangkat norma mengenai apa yang benar dan salah, yang dibuat dan diakui eksistensinya oleh pemerintah, baik yang tertuang dalam aturan tertulis maupun yang tidak, terikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh, dan dengan bahaya sanksi bagi pelanggar aturan norma itu.
6. Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja
Menurut Mochtar Kusumaatmadja Hukum merupakan keseluruhan kaidah serta semua asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dan bertujuan untuk memelihara ketertiban serta meliputi banyak sekali lembaga dan proses guna mewujudkan berlakunya kaidah sebagai suatu kenyataan dalam masyarakat.
7. Mr. E.M. Meyers
Menurutnya Meyers hukum merupakan aturan-aturan yang didalamnya mengandung pertimbangan kesusilaan. Hukum ditujukan kepada tingkah laku insan dalam sebuah masyarakat dan menjadi pola atau anutan bagi para penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.
8. Prof. Dr. Van Kan
Menurut Van Kan hukum ialah keseluruhan peraturan hidup yang sifatnya memaksa untuk melindungi kepentingan insan di dalam masyarakat suatu negara.
9. Bellfoid
Menurut Bellfoid hukum ialah yang berlaku di suatu masyarakat mengatur tata tertib masyarakat itu didasarkan atas kekuasaan yang ada pada masyarakat.
 
10. S.M. Amin
Meurut Amin hukum ialah sekumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi-sanksi. Tujuannya ialah mengadakan ketertiban dalam pergaulan insan dalam suatu masyarakat, sehingga ketertiban dan keamanan terjaga dan terpelihara.
11. J.C.T. Simorangkir
Menurut Simorangkir hukum ialah segala peraturan yang sifatnya memaksa dan menentukan segala tingkah laku insan dalam masyarakat dan dibuat oleh suatu lembaga yang berwenang.
12. Drs. E. Utrecht, S.H.
Menurut Utrecht hukum merupakan suatu himpunan peraturan yang didalamnya berisi wacana perintah dan larangan, yang mengatur tata tertib kehidupan dalam bermasyarakat dan harus ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat karena pelanggaran terhadap anutan hidup itu mampu menjadikan tindakan dari pihak pemerintah suatu negara atau lembaga.
13. Leon Duguit
Menurut Leon Duguit bahwa hukum merupakan seperangkat aturan tingkah laku para anggota masyarakat, dimana aturan tersebut harus diindahkan oleh setiap masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan apabila dilanggar akan menjadikan reaksi bersama terhadap orang yang melaksanakan pelanggaran hukum tersebut.
14. Sunaryati Hatono
Menurut Sunaryati Hatono  hukum merupakan tidak menyangkut kehidupan eksklusif seseorang dalam suatu masyarakat, tetapi bila menyangkut dan mengatur banyak sekali acara insan dalam hubungannya dengan insan lainnya, dengan kata lain hukum ialah mengatur banyak sekali acara insan di dalam kehidupan bermasyarakat.
15. A. Ridwan Halim
Menurut Ridwan Halim hukum ialah segala peraturan tertulis ataupun tidak tertulis, yang pada intinya segala peraturan tersebut berlaku dan diakui sebagai peraturan yang harus dipatuhi dan ditaati dalam hidup bermasyarakat.
16. R. Soerso
Menurut Soerso hukum merupakan sebuah himpunan peraturan yang dibuat oleh pihak yang berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat yang memiliki ciri perintah dan larangan yang sifatnya memaksa dengan menjatuhkan sanksi-sanksi hukuman bagi pelanggarnya.
17. Tullius Cicerco
Menurut Tulliud Cicerco Hukum merupakan logika tertinggi yang ditanamkan oleh alam pada diri setiap insan untuk menetapkan segala sesuatu yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
18. M.H. Tirtaatmidjaja
Menurut Tirtaatmidjaja hukum merupakan keseluruhan aturan atau norma yang harus diikuti dalam banyak sekali tindakan dan tingkah laku dalam pergaulan hidup. Bagi yang melanggar hukum akan dikenai sanksi, denda, kurungan, penjara atau sanksi lainnya.
19. Abdulkadir Muhammad
Menurut Abdulkadir Muhammad hukum ialah segala peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis yang memiliki sanksi tegas terhadap pelanggarannya.
    
20. Abdul Wahab Khalaf
Menurut Abdul Wahab Khalaf bahwa hukum ialah tuntutan Yang Mahakuasa berkaitan dengan perbuatan orang yang telah cukup umur menyangkut perintah, larangan dan kebolehannya untuk melaksanakan atau meninggalkannya.  
21. Van Apeldoorn
Menurut Van Apeldoom bahwa hukum merupakan gejala sosial tidak ada masyarakat yang tidak mengenal hukum maka hukum itu menjadi suatu aspek kebudayaan yaitu agama, kesusilaan, etika istiadat, dan kebiasaan.
22. Aristoteles
Menurut Aristoteles Mengatakan bahwa hukum merupakan hanyalah sebagai kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikat tetapi juga hakim bagi masyarakat. Dimana undang-undanglah yang mengawasi hakim dalam melaksanakan tugasnya untuk menghukum orang-orang yang bersalah atau para pelanggar hukum.
23.  Karl Max
Menurut Karl Max hukum ialah suatu cerminan dari kekerabatan hukum ekonomis suatu masyarakat dalam suatu tahap perkembangan tertentu.
24. P. Borst 
Menurut Borst hukum ialah keseluruhan peraturan bagi perbuatan insan di dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana pelaksanaannya mampu dipaksakan dengan tujuan menerima keadilan.

25. Roscoe Pound
Menurut Roscoe Pound hukum merupakan Sebagai tata hukum mempunyai pokok bahasan kekerabatan antara insan dengan individulainnya, dan hukum merupakan tingkah laku para individu yang menghipnotis individulainnya. Adapun hukum sebagai kumpulan dasar-dasar kewenangan dari putusan-putusan pengadilan dan tindakan administratif Law as a tool of social engineering. 
Itulah ulasan wacana 25 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Hukum di Dunia, supaya bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terima kasih. 

Baca Juga:  Informasi Gunung Ball - Profil, Lokasi, Tinggi, Dsb

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :