13 Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis (dalam TABEL)

Hai, kali ini saya bakal membuatkan artikel perihal 13 perbedaan mitosis dan meiosis untuk sahabat semua. Nah bahan ini diajarkan pada mapel biologi yang dibahas ketika duduk di dingklik kelas 12 SMA untuk kurikulum 2013. Makara saya bisa menebak kalau kebanyakan yang sedang membaca artikel ini ialah sobat-sobat saya yang tengah duduk dikelas 12.

Nah bahan ini terdapat dalam Bab Pembelahan Sel. Makara jikalau sahabat tengah mencar ilmu adegan tersebut disekolah, maka sahabat wajib nih membaca artikel ini.

Oke nanti apa saja yang akan kita bahas nih sob? ya nanti kita akan membahas perihal sedikit pengertian mitosis dan meiosis alasannya saya tahu kebanyakan sudah pada paham, jadi nanti akan saya bahas sedikit saja semoga fokus artikel ini tidak berpencar kemana-mana. Namun bagi sahabat yang belum tahu secara lengkap, nanti akan saya kasih link menuju artikel terkait yang tentunya cukup lengkap untuk sahabat pelajari.

Oke tidak usah berlama-lama pribadi saja kita bahas perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis. Check This Out….

Pengertian Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis


Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang bisa menghasilkan 2 sel anakan yang serupa secara genetis. Artinya, kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sama dengan induknya.

Pembelahan meiosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan haploid (n) yang berasal dari sel induk diploid (2n). Pada kejadian ini, setiap sel anakan mempunyai separuh kromosom sel induk.

Nah itu beliau pengertian singkat perihal perbedaan meiosis dan mitosis, jikalau sahabat ingin mengetahui lebih detail lagi, silahkan sahabat klik disini.

Oke kita kembali ke topik bahasan kita kali ini ya. Nah untuk mempermudah sahabat dalam memahami atau menghafal perbedaan antar keduanya, berikut ini akan saya sajikan dalam bentuk tabel. Simak ulasannya dibawah ini :

Tabel Perbedaan Mitosis dan Meiosis

PerbedaanMeiosisMitosis
Jumlah pembelahanDua kaliSatu kali
Jumlah sel anak yang dihasilkan4 sel2 sel
Sifat sel anakanTidak identik dengan sel induk (terjadi kombinasi gen)Identik dengan sel induk
Sifat kromosom sel anak hasil pembelahan dari sel induk diploid (2n)Haploid (n)Diploid (2n)
Tujuan PembelahanUntuk mengurangi jumlah kromosom sehingga jumlah kromosom dari generasi ke generasi berikutnya selalu tetapUntuk perkembangbiakan organisme eukariotik uniseluler, pertumbuhan, dan penggantian sel-sel yang rusak atau mati pada organisme eukariotik multiseluler
Peranan bagi organisme eukariotik multiselulerMenghasilkan sel-sel gametMenghasilkan sel somatik
InterkinesisAda, antara meiosis I dengan meiosis IITidak ada
MetafaseMetafase I : kromosom berjajar di bidang ekuatorial dalam 2 baris
Metafase II : kromosom berjajar di bidang ekuatorial dalam 1 baris
Kromosom berjajar di bidang ekuatorial dalam 1 baris
Duplikasi kromosom (kromatid saudara)Para pertengahan profase I (fase pakiten)Pada awal profase
Sinapsis kromosom homologTerjadi pada profase ITidak terjadi
Pindah silang (crossing over) gen pada kromosomAdaTidak ada
Sentromer ketika anafasePada anafase I, sentromer belum memisah. Sentromer memisah ketika anafase IITerbagi 2 sehingga kromatid memisah ketika anafase
AnafaseAnafase I : memisahkan pasangan kromosom homolog
Anafase II : memisahkan kromatid saudara
Memisahkan kromatid saudara

Nah itu beliau tabel perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini. Terima kasih…