13 Destinasi Wisata Pulau Bawean yang Keren dan Wajib dikunjungi

13 Destinasi Wisata Pulau Bawean yang keren dan Wajib Dikunjungi

Pulau Bawean merupakan sebuah pulau kecil yang secara administratif masih berada di wilayah Kab. Gresik Provinsi Jawa Timur. Meskipun jarak dari gresik hingga pulau bawean terpaut 120an Mil. Jauh banget ya..

Keindahan Pulau Bawean
Makara siapa yang kenal Bawean? sebuah pulau yang terletak di tengah laut jawa ini. Dulu sewaktu kecil dikala SD saya tak melihat pulau ini di peta, dan saya kira sebelumnya pulau bawean ini pulau mati. Alias sebuah pulau yang tak berpenghuni.
Dan setelah ke Bawean ternyata pulau ini benar-benar ada dan nyata. Pulau Bawean ini sangat besar, terdiri atas 2 kecamatan. Yaitu kecamatan Sangkapura dan Tambak. Dan kedua Kecamatan ini benar-benar luas sekali.
Entah Cuma perasaan saya saja Pulau Bawean ini luas sekali, alasannya yaitu ketika saya pakai kendaraan memutar pulau Bawean ini membutuhkan waktu 3,15 jam. Itu artinya mungkin jarak Surabaya Malang. Padahal jalan disana itu sangat sepi dan sudah bagus.

Sekarang Pulau Bawean ini tampaknya sudah mulai banyak dikenal orang. Pulau Bawean terkenal akan keindahan wisata alamnya dan keramahan warganya. Beberapa program TV sudah berseliweran meliput dan menyajikan Pulau Bawean ini.
Terlebih program TV adventure beberapa kali sudah kesini, dulu saya ingat My trip My Adventure jamannya Vicky dan Hamish Daud sudah mengexplore pulau ini duluan. Menyusul program indonesia bagus net TV, lalu Blakrakan JTV, Terakhir kemarin PARA Petualang Cantik Trans 7 shoot di Pulau Bawean ini.
Seperti yang sudah saya bilang di postinganku kemarin bahwa Wisata Bawean merupakan satu paket wisata yang lengkap banget. Karena di Bawean semua jenis wisata alam ada.

Mulai dari underwater, pantai, tanjung, air terjun, air panas, taman mangrove, danau, teluk, bukit, gunung, danau, penangkaran hewan endemik  dan bahkan spot terasering juga ada di Pulau Bawean ini.

Beda banget mungkin jikalau sobat pergi berlibur ke Pulau lain menyerupai Gililabak, Gili terawangan, derawan, menjangan, atau karimun jawa sekalipun. Yang sobat dapat mungkin hanyalah beberapa spot pantai saja.
Dan jikalau berlibur di Bawean pasti sobat gak bakal bosen, pantainya aja udah rupawan apalagi ditambah destinasi wisata yang lengkap.

Keunikan Pulau Bawean

Selain mempunyai destinasi wisata lengkap, pulau Bawean ini juga memiliki beberapa keunikan tersendiri dibanding daerah/pulau lain.

Seperti warga Bawean jarang mengambil kunci motor, tidak adanya tempat sampah didepan rumah warga bawean,  terus lebih banyak didominasi penduduknya wanita,  hampir 80% warga Bawean merantau,  dll.

Bukannya mau promosikan Pulau Bawean, kok dari tadi saya cuma ngobrolin yang keren-keren.

Tapi memang begini fakta yang ada di Pulau Bawean.

Selengkapnya Baca :

Inilah Fakta yang harus Diketahui Traveller sebelum Backpackeran ke Bawean

Backpacker Trip ke Bawean, Inilah Contoh Itinerary dan Lokasi Spotnya

Oke guys penasaran ya wisata pulau Bawean menyerupai apa, kali ini saya akan bahas satu persatu wisata pulau Bawean yang rupawan dan lengkap.

Saya akan mulai dulu dari dermaga Pulau Bawean lalu kearah barat hingga tambak lalu memutar lagi hingga dermaga. Dan destinasi wisata Pulau Bawean ini sudah saya kunjungi semuanya.

13 Wisata Keren dan Terindah Pulau Bawean yang Wajib Dikunjungi


1.       Dermaga Pulau Bawean
Yups, dermaga pulau Bawean ini sangat rupawan banget guys. Apalagi dikala sunset atau sunrise, wala rupawan banget pokoknya. Dermaga Pulau Bawean ini ada 2 guys. Yang satu yaitu dermaga gres yaitu untuk kapal-kapal High Speed menyerupai kapal-kapal express.
Sunrise dernaga Bawean
Sunset dermaga Bawean

Dan yang satu merupakan dermaga lama yang diperuntukkan sandaran kapal-kapal besar menyerupai kapal ferry Giliiyang. Dermaga ini hampir 1 km ke tengah laut.

Background p. Selayar

jadi bagi yang suka hunting boleh lah kesini. Apalagi di tambah background sunrise apa sunset. Btw, jikalau sore sepeda motor kita tidak boleh masuk ya, jadi kita mampu parkir di luar gapura lalu jalan deh menyerupai kita.

2.       Pantai Makam Panjang
Pantai Makam Panjang ini berada tak jauh dari dermaga Pulau Bawean. Tepatnya berada di desa Lebak Kecamatan Sangkapura Bawean.
Makam panjang ini sebetulnya yaitu makam pusaka Aji Saka dengan darahnya Doro. Doro Sembodo yaitu abdi setia Aji Saka sang tokoh Babat Jawa.

Makam Panjang
Makam panjang ini ada memiliki panjang 11 – 12 meter, dan makam ini sangat dikeramatkan oleh warga sekitar. Banyak yang berkunjung ke sini jikalau bulan berkat hingga dikala hari raya.

Selain memiliki nilai histori dan magis, pantai makam panjang ini juga memiliki keindahan tersendiri.
Keindahan Pantai makam panjang
Makara di pantai ini kita mampu melihat pantai secara bersebelahan. Di sisi kiri juga pantai dan disisi kanan juga pantai. Selain itu didepan juga banyak pohon-pohon bakau di sekeliling pantai.
Hihi. Keren kan?
Oya, Pantai Makam Panjang ini merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan matahari karam atau sunset. Bisa deh pribadi upload di instagram kalian. 😀
3.       Penangkaran Rusa Bawean
Lanjut kearah barat sobat mampu menuju Penangkaran Rusa Bawean. Sebuah tempat dimana hewan endemik khas Pulau Bawean ini dirawat dengan baik.
Penangkaran rusa bawean ini berada di Dusun Beto Gebang Desa Pudakit Barat Kec. Sangkapura. Penangkaran rusa bawean ini sudah ada semenjak tahun 2003, disini ada sekitar 40an ekor rusa bawean.

Rusa bawean di penangkara
Kasih rumput

Kalau di alam lepas kira-kira ada sekitar 300an ekor. Btw, rusa bawean ini hanya ada di pulau bawean dan benar-benar unik.

Ada beberapa ciri khas ia yang tak dimiliki rusa – rusa pada umumnya. Seperti sifatnya yang nocturnal dan sangat takut dengan manusia.

Makara jikalau kita kesana harap jangan ramai dan banyak gerak ya biar si rusa gak kabur.

Kalau sobat kesini coba deh mampu gak foto sama rusa bawean bersebelahan. Ada yang lebih membanggakan lagi, Rusa Bawean ini akan menjadi maskot Asian Games 2018.

4. Air Terjun Murtalaya

Air terjun Murtalaya ini berada tidak jauh dari perbukitan mayangkara. Letaknya di turunan terakhir sebelah kanan.

Untuk kesini sebetulnya mudah namun untuk menuju spot wisata yang satu ini tidak ada petunjuk jalannya. Makara sobat harus bertanya warga jikalau bingung.

Air terjun Murtalaya

Air terjun setinggi 13 m ini menyuguhkan keindahan Dinding Bebatuan riam yang menyerupai mirip kerikil yang ditata.

Air terjun ini biasanya juga disebut warga lokal dengan riam pemandian ratu.

5. Air Terjun Putri

Air terjun ini berada di desa Paromaan Kec. Tambak Bawean. Lokasi riam ini bersahabat dengan Danau Kastoba.

Air terjun ini sangat istimewa batunya sangat halus dan bahkan mampu dibuat prosotan. Air terjun ini lumayan tinggi sekitar 25 m.

Air terjun putri

Saya biasanya nyebur berenang kalau sudah di Air terjun ini. Karena airnya sangat segar dan bening sekali.

6. Danau Kastoba

Danau Kastoba, sebuah danau yang berada di tengah hutan tropis di Pulau Bawean. Danau yang sangat fenomenal ini berada di desa Paromaan Kec. Tambak Bawean.

Keheningan Danau Kastoba

Danau Kastoba ini menyuguhkan panorama air danau yang sangat jernih dan “bak cermin”. Danau ini juga menjadi habitat ikan dan biawak.

Di balik keindahan Danau ini menyimpan banyak sekali kisah mistis dan juga legenda. Bahkan ada juga yang mengaitkan danau yang satu ini dengan danau terbesar di Indonesia (Danau Toba).

Bak cermin

Untuk melestarikan Wisata Alam Danau Kastoba ini Pemerintah sudah mendaftarkan di Menteri Kehutanan sebagai cagar alam.
Makara kalau sobat kesini buanglah sampah pada tempatnya ya.

7. Gunung Sabu

Gunung ini berada tidak jauh dari Danau Kastoba. Makara kalau sudah hingga puncak kita mampu melihat view Danau Kastoba dan Pulau Bawean dari Ketinggian.

Puncak gunung sabu

Dan menurut saya disini merupakan tempat terbaik untuk melihat Pulau Bawean penuh 360° dari atas.

Kalau kata sahabat saya di Puncak Gunung Sabu ini menyerupai Wisata Kalibiru yang ada di Jogja. Kalau dibilang Gunung sih sebetulnya kurang sempurna alasannya yaitu tingginya kurang dari 1000mdpl.

Menuju Gunung ini dibutuhkan fisik yang cukup tangguh alasannya yaitu kita akan trecking sekitar 1,5 jam.

8. Pantai Labuhan

Pantai yang satu ini selalu menjadi favorit saya kalau sedang berkunjung di Bawean. Keeksotisan Pantai ini sangat luarbiasa.

Keren banget
Sunset Labuhan

Pantai ini menghadap laut sempurna di arah Barat jadi untuk Sunset di Pantai Labuhan ini sangat juara.

Selain itu pantai ini juga memiliki bibir pantai yang luas. Makara kalau kau ingin camping ceria mampu deh buka tenda disini.

Pantai Labuhan ini berada di desa Tanjung Ori Kec. Tambak Bawean. Menurut saya pantai ini tak kalah rupawan dengan Pantai Kuta di Bali ataupun Pantai Senggigi di Lombok. Karena saya sudah pernah jalan-jalan kesana.


9. Pulau Gili

Pulau Gili ini berada di desa Pamona Kec. Sangkapura Bawean. Dari Pulau Bawean untuk menuju pulau ini harus naik perahu lagi di dermaga pamona sekitar 45 menit.

Salah satu plakat di Gil

Pulau Gili ini merupakan pulau aktif dimana dihuni sekitar 800 kepala keluarga. Mayoritas penghuninya adala mereka nelayan. Makara kalau kalian di Pulau Gili pasti beli ikan laut murah-murah.

10. Pulau Noko

Yap, Pulau ini sangat viral sekali di sosmed baik di Youtube ataupun di Google. Daya tarik di Pulau Noko ini yaitu view hamparan pasir yang sangatlah bersih dan juga view lautan terbelah. Sungguh keren banget pulau noko ini.

Gilinoko dari atas
Trip rame2
Gradasi warna laut

Ya sebetulnya bukanlah lautan yang terbelah. Namun pemandangan ini mampu terlihat jikalau keadaan air laut lagi surut.
Karena sebetulnya Pulau Gili dan Noko yaitu satu pulau.

Snorkling

Jika sobat ke Gili Noko harus mencoba snorkling. Karena spot snorkling disini lumayan juga lo viewnya. Saya kalau lagi ngantar teman-teman backpacker saya selalu saya ajak snorkling di Gili Noko.

11. Tanjung Ga’an

Tanjung An? Bukan ini bukan di lombok.. tapi ini di Gresik di Pulau Bawean.

Bagi saya diantara wisata lain di Pulau Bawean Tanjung Gaan ini merupakan Wisata Favorit saya.

Disini terdapat Pantainya juga sekilas menyerupai Greenbay yang ada di Banyuwangi.

Keindahan Tanjung gaang

Dan yang paling tidak mampu saya lupakan yaitu view laut lepas diatas karang-karang semenanjung Ga’ang ini.

Buset rupawan banget viewnya, air laut nya sangat biru jernih sekali hingga kita mampu lihat dasarnya, lalu angin semilir desertai ombak yang sangat menyegarkan.

Dan kata orang bawean, “Kalian belum ke Bawean kalau belum ke Tanjung Ga’ang”.

12. Air Panas Kepuh Legundi

Air panas ini berada di Desa Kepuh Legundi Kecamatan Tambak Pulau Bawean. Kalau dari dermaga Pamona mungkin hanya sekitar 30 menitan.
Air panas ini sebetulnya bukan satu-satunya sumber air panas di Pulau Bawean. Satunya ada juga di kawasan Sawah mulya Kecamatan Sangkapura. Makara lebih bersahabat dengan Dermaga Bawean.
Air panas kepuhlegundi
Bedanya di sini sumber dan tempatnya lebih besar dan lebih panas. Waa pokoknya mampu membuat kita relaksasi banget. Biasanya saya kesini setelah snorkling di gili noko.

Tsmpak depan
Panasnya berasal dari sumber sulfur alami, dan berada didaerah yang jauh dari penduduk . Makara sangat damai sekali suasananya.
kolam air panas ini dibagi menjadi 3 sekat dan bagian. Yang 2 untuk laki-laki dengan suhu panas berbeda dan satunya khusus untuk wanita.
Keistimewaan dari air panas kepuh ini dipercaya dapat menyembuhkan banyak sekali penyakit kulit, gatal-gatal, iritasi, mengurangi  kadar gula darah, menghilangkan racun dalam tubuh, dan juga mampu menyembuhkan penyakit flu.  Kalau kau berpengaruh yuk kesini aja.

13. Pulau Noko Selayar

Sama menyerupai halnya Gili Noko, Noko Selayar merupakan sebuah pulau kecil di bersahabat Pulau Bawean.

Lokasinya sebetulnya sangat bersahabat sekali dengan Kota Sangkapura, namun alasannya yaitu jalan masuk kebanyakan pelancong lewat dermaga pamona untuk kesini.

Noko Selayar ini hampir sama dengan gili noko, dari segi bibir pantainya yang menjulur menyerupai ekor.

Keindahan pantai ini membuat seolah-olah garis pantai ini terbelah. Selain itu background dari Noko selayar ini sangatlah rupawan yaitu dengan view Pulau Selayar.

Bagaimana pengen kan berwisata di Pulau Bawean. Karena menang benar destinasi wisata di Pulau Bawean ini sangat rupawan dan lengkap untuk di kunjungi.

Anyway, saya juga sering kali mengantarkan wisatawan trip di pulau Bawean lho.

Baca :

Paket Wisata Murah ke Pulau Bawean ( Private Trip ) 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *