12 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

12 Pengertian Menurut Para Ahli. Beberapa hebat menyatakan akuntansi merupakan sebagai salah satu seni (keahlian), seni di estimasi, korespondensi dan menerjemahkan ataupun menguraikan latihan anggaran. Sebuah pemahaman yang lebih mendalam dari akuntansi merupakan estimasi gerakan, estimasi, interpretasi, memperlihatkan doktrin pada informasi, data yang akan membantu atau membantu hebat keuangan, brooker, direktur, ototritas biaya, kepala lain sehingga usaha, asosiasi, atau yayasan yang berbeda memiliki kapasitas untuk membuat peran kekuatan aset. akuntansi rasa cara ini untuk, seorang hebat moneter dan akuntansi telah ditandai kontras dan lebih persamaan.


Berikut ini yaitu 12 pengertian akuntansi menurut para hebat :

1. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)
Mendefinisikan Akuntansi merupakan suatu acara jasa yang fadalah untuk menyediakan isu kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam  menyampaikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara banyak sekali tindakan alternatif.

2. American  Insitute of Certified Public Accounting (AICPA) 

Menyatakan bahwa akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya yang bersifat moneter dan dalam menguraikan hasil.

3. American Acounting Association (AAA) 

Menyatakan bahwa akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan isu ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang terang dan tegas bagi semua yang menggunakan isu tersebut.

4. Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)

Menyatakan bahwa: Akuntansi merupakan sistem isu yang mengukur acara bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan balasannya kepada para pengambil keputusan.

5. Pengertian akuntansi menurut Warren dkk (2005:10) 

Menyatakan bahwa: “secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem isu yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai acara ekonomi dan kondisi perusahaan”.

6. Littleton (Muhammad, 2002:10)

Menyatakan: “tujuan utama dari akuntansi merupakan untuk melakukan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). definis ini yaitu inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai referensi dalam mempelajari akuntansi.

7. Rudianto

 Menyatakan bahwa akuntansi merupkan sistem isu yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai acara ekonomi dan kondisi suatu tubuh usaha.

8. Suparwoto L (1990 : 2) 

Menyatakan bahwa akuntansi sebagai suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyampaikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk isu kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.

9. Arnold

Arnold mendefiniskani akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk menyampaikan isu (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

10. C. West Churman
:“sebagai pengalaman tertulis yang memiliki kegunaan untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.
11. Ikatan Akuntan Amerika
Menyatakan bahwa Akuntansi merupakan suatu potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang terang dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.
12. AbuBakar A, & Wibowo
Menyatakan Bahwa Akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

Kesimpulan nya berarti akuntansi merupakan sistem isu yang menyampaikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaanSebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

Itulah penjelasan perihal pengertian akuntansi menurut para ahli, Semoga bermanfaat agi pembaca. sekian dan terimakasih 🙂