11 Pengertian, dan Macam-Macam HAM Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Terlengkap

11 Pengertian, dan Macam-Macam HAM Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Terlengkap – Semua insan pada ketika lahir sudah dilindungi dengan HAM (Hak Asasi Mnausia), oleh karena itu. Hak asasi insan ialah suatu hak yang sudah melekat ketika semenjak lahir yang sudah di berikan kepada semua umat insan dari sang pencipta. Untuk lebih detail wacana penjelasan HAM mari simak ulasan dari beberapa para andal dibawah berikut.

Hak Asasi Manusia atau yang disingkat menjadi HAM muncul Dari suatu Keyakinan Manusia itu Sendiri bahwa setiap Manusia selaku Makhluk Ciptaan Yang Mahakuasa Maha Esa ialah sama Dan sederajat tidak dibeda-bedakan. Manusia lahir didunia sudah menerima kebebasan Dan mempunyai martabat Serta suatu hak-hak Yang sama. Oleh karean itu Manusia harus diperlakukan sama adil Dan beradab. HAM memiliki sifat universal, artinya yaitu berlaku untuk semua insan tanpa adanya mebeda-bedakannya berdasarkan yaitu atas ras, agama, suku bangsa Dan Etnis.


Pengertian HAM Menurut Para Ahli

1. Austin dan Ranney
Menurut Austin dan Ranney hak asasi insan merupakan yaitu ruang kebebasan dari tiap-tiap individu yang sudah dirumuskan dengan detail dalam suatu konstitusi dan mampu dijamin kegiatannya oleh suatu pemerintah.

2.  A.J.M Milne
Menurut A.J.M Milne hak asasi insan ialah hak yang sudah dipunyai pada semua setiap insan atau semua umat insan bertahan disetiap masa dan akan selalu hadir pada setiap semua tempat karena mempunyai suatu keutamaan dalam keberadannya untuk menjadi seorang manusia.

3. Pen Franz Magniz- Sueno 
Menurut Franz Magniz- Sueno hak asasi insan ialah hak yang sudah dipunyai oleh semua insan yang bukan disebabkan oleh karena bantuan kepadanya oleh suatu masyarakat. Jadi, bukan dikarenakan adanya suatu hukum positif yang sudah berlaku, selain itu ialah mengedepankan pada suatu kehormatan sebagai umat manusia. Manusia memiliki itu semua karena ia merupakan seorang manusia.

4. Miriam Budiarjo
Menurut Miriam Budiarjo hak asasi insan ialah hak-hak yang membatasi semua insan sebagai hak yang sudah dipunyai oleh setiap umat insan dan yang sudah didapati dan akan dibawanya bersamaan dengan pada ketika dilahirkan didunia atau didalam suatu masyarakat
5. Oembar Seno Adji
Menurut Oembar Seno Adji hak asasi insan ialah hak yang sudah ada sangat melekat dalam diri pada kehormatan seseorang insan sebagai makhluk atau umat insan ciptaan Yang Mahakuasa yang Maha Esa yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar kepada siapa pun semua dan seperti yaitu suatu tempat yang suci.

6. Haar Tilar
Menurut Haar Tilar hak asasi insan merupakan semua hak yang sudah menempel dalam diri semua makhluk atau umat insan dan tanpa adanya memiliki suatu hak-hak itu maka setiap insan tidak mampu hidup sebagai seseorang manusia. Hak tersebut sudah dimiliki pada semenjak ia lahir ke dunia.

7. Prof. Koentjoro Poerborpranoto
Menurut Prof. Koentjoro Poerborpranoto hak asasi insan ialah hak yang memiliki sifat fundamental atau siafat mendasar atau asasi. Yang dipunyai oleh setiap insan yang mengacu pada kodratnya yang sangat mendasar dan tidak akan mampu terpisahkan oleh karena itu bersifat suci dari Ilahi.

8. Mahfudz M.D
Menurut Mahfudz M.D hak asasi insan ialah hak yang sudah melekat pada suatu martabat dari etiap semua insan yang dimana hak itu akan dibawa ketika beliau lahir kedunia sehingga pada suatu hakikatnya untuk hak tersebut memiliki sifat kodrati.

9. Peter R. Baehr
Menurut Peter R. Baehr hak asasi insan ialah suatu hak dasar yang memiliki sifat mutlak dan mesti dipunyai pada semua insan atas perkembangan dirinya.

10. Karel Vasak
Menurut Karel Vasak hak asasi insan ialah 3 generasi yang sudah didapatkan dari revolusi Prancis. Ia menunjukkan sebuah arti bahwa generasi yang dimaksud ialah merujuk pada inti dan lingkungan dari setiap hak yang mana untuk menjadi hak prioritas yang paling utama didalam kurun waktu tidak mampu ditentukan.

11. Jack Donney
Menurut Jack Donney ialah suatu hak-hak yang dipunyai oleh setiap insan yang semata-mata dikarenakan ia sebagai seorang manusia. Suatu umat insan mempunyai nya bukan suatu karena yang dikasihkan kepadanya oleh suatu masyarakat atau yang mengacu ada hukum yang positif, melainkan yang berdasar pada adanya martabat sebagai seorang insan dan Hak tersebut ialah suatu bantuan Yang Mahakuasa yang maha esa.

Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM)

1. Hak Asasi Pribadi (Perseonal Rights)
Hak Asasi Pribadi ialah hak yang meliputi suatu kebebasan yang menyatakan pendapat, kebebasan dalam memeluk agama, kebebasan untuk bergerak, kebabasan dalam memilih setiap organisasi atau perkumpulan dan sebagainya.

Contohnya :

  • Hak dalam Kebebasan untuk menyuarakan atau memberikan pendapat.
  • Hak dalam kebebasan untuk mengamalkan kepercayaan dan untuk memeluk atau memilih agama.
  • Hak dalam kebabasan untuk berpergian, mengunjungi suatu tempat, dan untuk berpindah-pindah tempat.
  • Hak dalam kebabasan untuk memilih, menentukan, menjalankan aktivitas organisasi dan aktif dalam suatu organisasi tersebut. 

2. Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)
Hak Asasi Ekonomi ialah Hak untuk mempunyai, membeli dan menjual suatu, dan memanfaatkan sesuatu yang bermanfaat.

Contohnya :

  • Hak dalam kebebasan dalam membeli suatu.
  • Hak dalam kebebasan untuk membuat dan melaksanakan suatu perjanjian Kontrak
  • Hak dalam wacana kebebasan untuk memiliki sesuatu
  • Hak dalam wacana kebabasan untuk mempunyai pekerjaan yang pantas.
  • Hak dalam wacana kebabasan untuk melaksanakan suatu transaksi
  • Hak dalam bekerja

3. Hak Asasi Politik (Politik Rights)
Hak Asasi Politik ialah hak ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih maksudnya hak untuk dipilih dan untuk memilih.
 
Contohnya :
  • Hak dalam memilih untuk suatu pemilihan contohnya dalam pemilihan presiden dan kepala daerah
  • Hak dalam untuk dipilih dalam suatu pemilihan contohnya dalam pemilihan bupati atau presiden
  • Hak dalam wacana untuk kebebasan mengikuti dalam aktivitas pemerintahan
  • Hak dalam untuk mendirikan suatu partai politik
  • Hak dalam membuat suatu organisasi-organisasi pada suatu bidang politik
  • Hak dalam menunjukkan suatu usulan-usulan atau suatu pendapat yaitu berupa proposal petisi.

4. Hak Asasi Hukum (Rights Of Legal Equality)

Hak Asasi Hukum ialah hak untuk menerima suatu perlakukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

Contohnya :

  • Hak dalam menerima suatu layanan dan suatu perlindungan hukum
  • Hak dalam untuk menerima dan mempunyai pembelaan hukum pada peradilan.
  • Hak dalam menerima yang sama dalam suatu proses hukum
  • Hak dalam untuk perlakuan yang adil atau sama dalam suatu hukum

5. Hak Asasi Sosial dan Budaya (Social and Culture Rights)
Hak Asasi Sosial dan Budaya ialah hak yang menyangkut dalam lingkungan masyarkat yaitu untuk memilih suatu pendidikan, hak untuk membuatkan suatu kebudayaan dan sebagainya.

Contohnya :

  • Hak dalam untuk menerima suatu pendidikan yang layak
  • Hak dalam untuk mendapat pelajaran yang semestinya
  • Hak dalam untuk memilih, dan menentukan suatu pendidikan
  • Hak dalam untuk membuatkan suatu bakat dan minat
  • Hak dalam untuk membuatkan suatu Hobi
  • Hak dalm melaksanakan kreasi
6. Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)Hak Asasi Peradilan ialah suatu hak untuk menerima suatu perlakuan tata cara peradilan dan suatu perlindungan (procedural rights), misalnya dalam peraturan hal penahanan, penangkapan dan penggeledahan.

Contohnya :

  • Hak dalam menerima perlakukan yang adil dalam suatu hukum
  • Hak dalam untuk menerima suatu pembelaan dalam hukum
  • Hak dalam untuk menerima hal yang sama dalam berlangsungnya suatu proses hukum baik itu penyelidikan, penggeledahan, penangkapan, dan penahanan.

Semua insan di muka bumi ini mempunyai hak dalam menentukan dan memilih kehidupan nya masing-masing, oleh karena itu hak asasi insan sangat penting dikehidupan didunia.

 Itulah penjelasan wacana 11 Pengertian, dan Macam-Macam HAM Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih

Baca juga :