10 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap

10 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli – Sistem Informasi (SI) merupakan gabungan dari teknologi isu dan kegiatan orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem isu ini sering dipakai untuk merujuk pada interaksi antar orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam penjelasan ini, istilah yang dipakai untuk merujuk tidak hanya untuk penggunaan organisasi teknologi isu dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.
Secara luas Sistem Informasi mampu dijelaskan sebagai suatu sistem didalam sebuah organisasi yang merupakan pencampuran dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media prosedur & pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, melaksanakan proses tipe transaksi rutin, menunjukkan sinyal kepada suatu administrasi terhadap segala peristiwa yang bersifat eksternal maupun internal dan menunjukkan suatu isu yang nantinya dijadikan sebagai pengambilan sebuah keputusan. Ada beberapa menurut  para mahir yang mendefinisikan Sistem Informasi sebagai berikut :

1.  Erwan Arbie
Menurut Erwin Arbie Sistem isu merupakan suatu sistem dari dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, perlindungan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

2.  Tafri D. Muhyuzir
Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem isu yaitu data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah isu entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi isu berharga bagi mereka yang menerimanya.
 
3. O’Brien
Menurut O’Brien Sistem isu yaitu kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan mengembangkan isu wacana yang bentuk organisasi.
 
4. Leitch Rosses
Menurut Leitch Rosses Sistem isu express yaitu suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
 
5. Lani Sidharta
Menurut Lani Sidharta Sistem isu yaitu suatu sistem buatan insan yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bab – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan isu bagi pengguna.
 
6. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis
Menurut Robert A. Leitch dan Roscoe Davis Sistem isu yaitu suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
 
7. Gordon B. Davis (1991: 91)
Menurut Gordon B. Davis Sistem isu yaitu suatu sistem yang mendapatkan input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan isyarat dan mengeluarkan hasilnya.
 
8. John F. Nash (1995: 8)
Menurut John F. Nash Sistem isu yaitu kombinasi dari manusia, akomodasi atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu administrasi dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.
 
9. Kertahadi (2007)
Menurut Kertahadi Sistem isu yaitu alat untuk menyajikan isu sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya yaitu untuk menunjukkan isu dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

Baca Juga:  Reaksi Lemak dan Minyak, Hidrogenasi, Penyabunan, Hidrolisis, Kimia

10. Rommey (1997: 16)
Menurut Rommey Sistem isu yaitu sistem isu yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan isu dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


Itulah penjelasan wacana 10 pengertian sistem isu menurut para ahli. agar bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terima kasih 🙂