Tips Persiapan UN Menghadapi Ujian Nasional

Hai semua, pada artikel ini saya akan membuatkan sedikit pengalaman saya dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional yang akan berlangsung. Nah saya juga akan membuatkan persiapan un menyerupai apa yang saya lakukan ketika dulu menghadapi ujian nasional tingkat SD dan SMP. Tips dari ini pasti akan membantu

Nah UN bukan hanya sekedar ujian biasa saja. UN dipandang sebagian orang sebagai sesuatu yang sangat penting yang menentukan kelulusan seseorang (pemahaman waktu saya masih SD dan SMP, tapi sekarang tidak menjadi acuan).

Banyak siswa mencari banyak sekali cara untuk memahami semua bahan yang diujikan nanti. Bentuk usaha mereka berbeda-beda, ada yang meminta orang tuanya untuk memasukannya kedalam sebuah bimbingan belajar, mengundang guru privat, dan juga mencar ilmu sendiri atau secara berkelompok.

Persiapan UN

Semua hal itu tadi dilakukan untuk menyiapkan diri menjelang ujian nasional berlangsung. Lantas persiapan un apa yang seharusnya Anda lakukan?

Jawaban tersebut akan tersedia pada artikel yang kemungkinan akan sangat panjang ini, alasannya yaitu saya ingin membuatkan semua pengalaman yang telah saya lalaui dalam menghadapi ujian nasional ini.

Persiapan yang sangat penting dan yang paling utama yang harus Anda lakukan yaitu persiapkan diri Anda. Ada banyak hal yang mampu Anda persiapkan, mulai dari persiapan fisik (dalam hal ini yaitu badan yang sehat), persiapan belajar, dan persiapan mental.

Ketiga itulah yang menjadi fokus Anda ketika menjelang un menyerupai sekarang ini. Lantas, dari ketiga point tersebut mana yang harus saya prioritaskan?

Persiapan UN Menghadapi Ujian Nasional

Persiapan Fisik

Persiapan Fisik Menjelang UN

Ketiga point diatas yaitu hal utama yang harus Anda siapkan, persiapan fisik, itu sangat perlu, kenapa? Karena tidak mungkinkan kalau kita mengerjakan sesuatu tanpa dibarengi dengan fisik yang sehat. Sama menyerupai UN ini, persiapan badan menjadi sangat penting alasannya yaitu badan yaitu hal utama yang menjembatani antara kita dan soal ujian yang ada. Misalnya kita menggunakan tangan kita untuk mengerjakan, bayangkan jikalau tangan kita sakit, maka apa yang mampu kita lakukan ketika ujian berlangsung? Nah cukup kerepotan kan?,

Maka dari itu, persiapan fisik mutlak perlu dilakukan bagi siswa-siswa yang hendak menghadapi ujian nasional.

Persiapan Belajar

Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Persiapan UN selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu persiapan belajar. Ya menyerupai yang sudah saya katakan tadi, banyak dari Anda pasti meningkatkan intensitas mencar ilmu Anda ketika hendak menghadapi UN menyerupai sekarang ini.

Pasti hal tersebut Anda lakukan guna memenuhi target Anda lulus un dengan nilai yang memuaskan. Pengalaman saya pribadi menjelang UN menyerupai ini dalam hal mencar ilmu yaitu dengan lebih mengatur waktu saja untuk belajar.

Saya tidak terlalu ngotot dalam belajar, namun intensitasnya sedikit saya tingkatkan dibanding hari-hari biasa. Yang paling penting menurut saya yaitu atur waktu mencar ilmu yang pas bagi Anda. Pengalaman saya sendiri setelah mencoba mempraktikan cara tersebut yaitu cukup memuaskan, artinya semua bahan dapat saya serap dengan baik.

Ingat, hal terpenting yaitu jangan terlalu ngotot atau istilahnya mbatek bagi orang Jawa, alasannya yaitu dampaknya justru sangat tidak bagus. Dalam beberapa kasus yang saya sudah temui, mencar ilmu dengan terlalu ngotot malah membuat terganggunya persiapan-persiapan lain yang sudah saya berikan diatas. Contohnya jikalau Anda mencar ilmu dengan ngotot maka fisik Anda bekerja 2,3, bahkan hingga 5 kali lebih keras dari sebelumnya. Hal tersebut lama kelamaan membuat fisik Anda semakin menurun dan membuat Anda akan jatuh sakit.

Mulai dari sakit yang dalam taraf kecil menyerupai flu, batuk, pilek, maag. Hingga penyakit yang parah menyerupai maag kronis, gangguan pada jantung dan lainnya.

Persiapan Mental

Persiapan Menjelang UN


Hal terkahir yang perlu Anda persiapkan yaitu persiapan mental. Ya mental memang menjadi hal yang cukup penting untuk dipersiapkan menjelang UN menyerupai ini. Ada beberapa tipe orang dalam mempersiapkan dirinya menjelang UN.

Ada yang sangat excited, ada yang biasa saja, dan ada juga yang ketakutan. Nah tanyakan pada diri Anda, pada posisi mana Anda sekarang?

Setelah mengenali diri Anda, hal selanjutnya yaitu dengan mengatasi hal-hal buruk dari tipe Anda tersebut. Nah untuk yang memiliki tipe excited, Anda berarti memiliki tingkat akidah diri yang sangat tinggi dan dampaknya cukup bagus. Tapi bagi Anda yang memiliki 2 tipe lainnya, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Bagi Anda yang memiliki 2 tipe selain tipe excited, ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan :

1. Perbanyaklah Ibadah
Sebenarnya cara ini berlaku bagi semua tipe diatas. Dengan lebih meningkatkan ibadah kita, maka kita akan semakin akrab dengan Tuhan. Memohonlah kepada-Nya semua hal yang baik-baik yang sangat berkhasiat bagi Anda. Dengan begitu, maka hati Anda akan semakin damai dan membuat tingkat akidah diri Anda menjadi meningkat 1000% dari sebelumnya.

2. Perbanyaklah Sedekah
Nah menurut agama saya, dengan memperbanyak sedekah akan membuat kita terselamatkan dari semua mara ancaman yang mengintai kita. Sedekah juga mampu kita lakukan ketika kita hendak menghadapi ujian nasional menyerupai sekarang ini. Dengan memperbanyak sedekah, maka kita akan mampu selamat dari semua hal yang mungkin berdampak buruk bagi kita.

3. Jangan Pernah Percaya Pada Contekan (Bocoran)
Biasanya banyak orang yang mencari contekan atau bocoran un. Cara tersebut sangat tidak baik dan buruk. UN itu untuk mengukur tingkat kepandaian kita, bukan untuk mengukur tingkat kebodohan kita. Dengan mencari suatu contekan, maka kita sudah tidak percaya pada diri kita sendiri. Ada sebuah pepatah penting yang saya dapatkan dari guru saya.

Jika Kamu Tidak Percaya Pada Dirimu Sendiri, Maka Dirimu akan Melupakanmu

Maka jangan sekali-kali percaya pada contekan yang ada. Percaya pada diri sendiri, alasannya yaitu diri Anda akan menunjukkan yang terbaik bagi Anda.

Hosting Unlimited Indonesia

Nah itu ia persiapan un yang saya lakukan dalam menghadapi UN. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dalam menghadapi UN nantinya. Nah bagi kalian yang sedang mencari bahan UN, nih saya ada beberapa bahan UN yang siap Anda download.
Download Soal UN SMP
Download Soal UN SMA