Pengertian, Fungsi-Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis Lembaga Sosial Secara Lengkap

Pengertian, Fungsi-Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis Lembaga Sosial Secara Lengkap – Suatu lembaga sosial mempunyai fungsi-fungsi lembaga sosial, ciri-ciri lembaga sosial, dan jenis-jenis lembaga sosial. untuk lebih lanjut nya mari kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Lembaga Sosial

Lembaga Sosial merupakan suatau proses tersetruktur untuk melakukan banyak sekali acara tertentu dalam suatu kelompok masyarakat.

Fungsi-Fungsi Lembaga Sosial

Secara Umum, fungsi lembaga sosial dapat kita bedakan atas dua bentuk yaitu fungsi manifes dan fungsi laten.
1. Fungsi Manifes (nyata) 
Fungsi Manifes yaitu fungsi lembaga sosial yang disadari dan menjadi cita-cita banyak orang.
Contoh :
  • Lembaga Keluarga, berfungsi sebagai daerah sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • Lembaga Ekonomi, berfungsi mengatur sistem produksi, distribusi dan konsumsi barang yang dibutuhkan dalam anggota masyarkat.
2. Fungsi laten
Fungsi laten yaitu fungsi lembaga sosial yang tidak disadari dan bukan menjadi tujuan utama banyak orang. Dengan kata lain, fungsi laten yaitu fungsi yang tidak tampak dipermukaan dan tidak diperlukan masyarakat, tetapi ada. 
Contoh :
  • Dalam Lembaga keluarga, perkawinan dijadikan sarana untuk menutup rasa aib dari anggapan yang mengatakan bahwa orang tidak menikah berarti tidak laku.
  • Dalam Lembaga politik, pemilu dijadikan sarana menerima kekuasaan semata karena dengan kekuasaan seseorang dapat menumpuk kekayaan sebanyak-banyaknya.

Ciri-Ciri lembaga Sosial

1. Lembaga sosial biasanya memiliki kekekalan tertentu yang berlangsung lama. Hal ini terjadi alasannya adanya anggapan bahwa lembaga sosial berisi sekumpulan norma-norma yang harus dipertahankan. contohnya kehidupan atau kekerabatan dalam keluarga

2. Lembaga sosial memiliki satu atau lebih tujuan tertentu, misalnya lembaga pendidikan tujuan untuk mentransfer nilai, norma, dan ilmu pengetahuan kepada generasi berikutnya.
3. Lembaga Sosial memiliki sejumlah perangkat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, misalnya bendera atau lambang pada lembaga politik, uang sebagai alat tukar pada embaga ekonomi, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

  • Keluarga
  • Lembaga Pendidikan
  • Lembaga Ekonomi
  • Lembaga Politik