Pengertian, Bagian-bagian, dan Fungsi Sel di Hewan dan Tumbuhan

Pengertian, Bagian-bagian, dan Fungsi Sel di Hewan dan Tumbuhan – Sel merupakan unti struktural, unit fungsional, unit reproduksi, dan unit hereditas makhluk hidup. Agar lebih luas mengetahui perihal sel, disini akan mengulas pengertian dan bagian-bagian sel. untuk itu mari simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Sel

Sel Merupakan unit terkecil dari makhluk hidup, satuan terkecil yang meliputi struktural dan fungsional. Makhluk hidup yang tersusun oleh satu sel disebut makhluk hidup uniseluler. termasuk didalam makhluk hidup bersel satu yaitu bakteri, amoeba, paramecium, euglena, dan ganggang hijau biru. Makhluk hidup yang tersusun oleh sejumlah sel yang menggabung bersama disebut makhluk hidup multiseluler, fungsi multiseluler didalam kegiatannya dilakukan oleh sel-sel khusus.

Bagian-Bagian Sel

1. Membran Sel atau Selaput Sel
Membran sel atau selaput sel yaitu bagian-bagian yang membungkus sebuah sel di sebelah luar, yang berfungsi mengtur keluar masuknya zat dari dan kedalam sel dan melindungi seluruh isi sel (Protoplasma). Membran sel bersifat semipermeabel, artinya hanya dapat dilewati oleh sebuah air dan zat-zat tertentu saja. antara lain cairan, gas, atau zat padat terlarut secara osmosis dan difusi. Pada sebuah sel hewan didapati sebuah dinding sel sehingga terbentuknya kaku atau tetap. Sedangkan, pada sel tumbuhan tidak terdapat dinding sel sehingga sebuah membran sel menjadi sebuah lapisan sel terluar.

2. Sitoplasma
Sitoplasma yaitu cairan yang mengisi ruang antara membran sel dan inti sel. Didalam sitoplasma terdapat struktur halus yang disebut organel sel. 
  • Mitokondria berfungsi untuk respirasi atau pernafasan sel
  • Badan golgi berfungsi dalam ekskreasi sel
  • Ribosom berfungsi sebagai daerah sintesis protein.
  • Lisosom  memiliki fungsi yaitu untuk menghasilkan suatu enzim-enzim untuk melaksanakan pencernaan makanan
  • Sentrosom berfungsi sebagai daerah menggantung nya kromosom dikala pembelahan sel. Terdapat pada sel hewan dan manusia.
  • Vakuola berfungsi sebagai daerah menyimpan makanan dan untuk  mengeluarkan sisa-sia metabolisme. vakuola ini biasanya terdapat pada sebuah sel tumbuhan.
  • Plastida, hanya ditemukan pada tumbuhan. plastida ini mengandung sebuah zat warna dan ada yang tidak. Plastida yang mengandung zat hijau daun disebut kloropas.
3. Inti sel 
Inti Sel atau disebut nukleus merupakan bab sel yang berukuran besar. Inti sel berbentuk bulat, lingkaran telur, atau tak teratur, dikelilingi oleh sitoplasma, dan posisi inti sel terletak agak ditengah sel. Umumnya hanya ada satu nukleus didalam suatu sel. Inti sel yaitu bab yang sangat penting dari sel, alasannya yaitu berfungsi mengatur seluruh kegiatan/aktivitas sel terutama dikala terjadi perkembangbiakan. Didalam sebuah inti sel terdapat kromosom yang didalam nya mengandung gen. Gen berperan untuk pembawa sifat keturunan. Didalam sebuah inti didapat sebuah anak inti yang disebut nukleolus.