Fakta Unik Manusia 5 otak, Murrey Gell-Mann

Jika kalian pernah mengenal orang tercerdas didunia, bernama Albert Einstein. Maka kalian perlu mengenal orang yang merupakan saingan dari Einstein, yaitu Murray Gell-Mann, anak bungsu seorang imigran yang berasal dari Austria, yang kemudian ia dijuluki sebagai “The Man with Five Brains”
Gell-Mann mendapat julukan tersebut karena ia memiliki kegeniusan yang menguasai hampir seluruh ilmu pengetahuan. Pada tangal 15 September 1929, ia pernah mengkritik pemaparan teknik perhitungan matematika dalam sebuah textbook, namun apa yang menjadi luar biasa adalah pada saat itu ia masih berusia 7 tahun, seorang ANAK – ANAK. Wow, it’s amazing.
Murrey Gell-Mann
Pada umurnya yang ke-15, ia mendalami arkeologi dan persoalan linguistik atau bahasa. Ayahnya tidak setuju dan berusaha mengarahkan Murray untuk mengambil jurusan teknik.
Setelah itu ia berhasil memasuki jurusan fisika dengan cara yang sangat mengesankan. Ia berpendapat bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang membosankan, hanya dipenuhi oleh rumus – rumus yang membingungkan. Setelah lulus, ia melanjutkan studinya tetap pada djurusan fisika dan menjurus pada persoalan fisika kuantum dan mendapat gelar Ph.D dari MIT pada usia 21 tahun. Nah kita saja baru lulus S1 pada usia 22 tahun.
Sebenarnya Murray tidak memiliki bakat khusus dibidang fisika, namun ia bisa mendapatkan nobel pada tahun 1969 untuk kontribusinya dalam klarifikasi dan interaksi antara partikel – partikel elementer. Ia kemudian dikenal memiliki sifat yang humoris dan memiliki kebiasaan memberikan nama – nama aneh dan tidak biasa. Untuk berbagai penemuannya di bidang fisika, seperti eightfold way (dari filosofi Budha ‘eight attributes of right living’), strangeness quantum number (Francis Bacon: There is no excellent beauty that hath not some strangeness in the proportion) dan quarks (dalam bukunya The Quark and The Jaguar: Adventures in The Simple and The Complex).
Ketertarikannya dalam bidang ilmu membuat Gell-Mann mendirikan Santa Fe Institute di New Mexico pada tahun 1984. Semua bidang yang diminatinya ia kumpulkan menjadi satu, sepeti matematika, komputer, fisika, kimia, biologi, neurobiologi, imunologi, ekologi, dan masih banyak yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *