Legenda dan Fakta Dalam Sejarah Candi Prambanan

Pasti kalian telah mengenal candi Borobudur kan ? Di Indonesia, ada beberapa cagar budaya Dunia, salah satunya adalah Candi Prambanan. Jika candi Borobudur dibangun oleh penaganut Budha, maka candi Prambanan dibangun oleh orang – orang penganut Hindu.
Langsung saja saya paparkan berikut mengenai fakta – fakta unik mengenai candi prambanan
    1. Candi prambanan juga dikenal sebagai candi Loro Jonggrang, semacam jin atau makhluk gaib penghuni tempat tertentu. Candi ini dibangun sekitar abad ke-9. Bangunan tua ini dibangunoleh wangsa Sanjaya yang beragama Hindu. Pada bangunan candi prambanan ditemukan sebuah isi Prasasti Syiwagrha, candi ini pertama kali dibangn oleh Rakai Pikatan, kemudian pembangunan dilanjutkan oleh Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu
    2. Pembangunan candi prambanan sempat terhenti selama berabad – abad. Sejak pusat kerajaan berpindah ke jawa timur oleh Mpu Sindok, sang pendiri Wangsa Isyana. Alasan berpindahkan disebabkan karena meletusnya gunung merapi, sebuah bencana alam yang sangat hebat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  1. Candi ini berhasil ditemukan kembali pada tahun 1733 oleh CA Lons, seorang yang berasal dari negeri Angin, Belanda, yang kemudian dilanjutkan oleh Groneman. Candi prambanan sempat tertimbun akibat pecahnya ledakan gunung merapi, Penggalian baru selesai sekitar tahun 1885.
  2. Candi prambanan memiliki komplek yang terdiri atas delapan candi utama. Puncak tertinggi candi ini mencapai hingga 47 meter dan terdapat pula sebanyak 250 candi berukuran kecil yang dibangun disekitar candi utama.
  3. Candi ini sering juga disebut sebagai candi Loro Jonggrang. Hal ini dikarenakan terdapat arca Loro Jonggrang didalamnya dan sering masyarakat mengaitkannya dengan legenda Loro Jonggrang. Candi ini mengandung cerita mistis yang beredar dimasyarakat
  4. Berdasarkan legenda yang pernah ini, benar tidaknya saya juga tidak tahu. Dahulu kala terdapat dua kerajaan yang saling berperang. Kedua kerajaan itu adalah Kerajaan Pengging yang diperintah oleh Prabu Damar Moyo dan keraton Boko yang dipimpin oleh Prabu Boko. Prabu Boko memiliki tubuh yang besar dan berwujud raksasa, tetapi ia memiliki seorang anak perempuan yang sangat rupawan, putrinya bernama Loro Jonggrang. Sedangkan Prabu Damar Moyo memiliki putra bernama Bandung Bondowoso . yang konon katanya Bandung Bondowoso memiliki kesaktian mampu mengendalikan Jin bernama Bondowoso. Dalam sebuah pertempuran, Prabu Boko yang sedang melawan Bandung Bondowoso dikalahkan oleh Bandung Bondowoso. Ketika Bandung Bondowoso menyerang Ibu kota Boko dan memasuki istana, ia bertemu dengan Loro Jonggrang, ia pun jatuh cinta kepada sang putri lalu meminangnya. Namun dilain sisi, sang putri Loro Jonggrang tidak ingin dipersunting oleh seorang pembunuh ayahnya, maka ia melancarkan strategi untuk menolaknya. Setelah itu Ia mengajukan syarat yang harus dipenuhi oleh Bandung Bondowoso jika ia ingin menikahinya, syaratny adalah dengan mendirikan 1000 candi dalam waktu satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi syarat tersebut, segera setelah menjelang malam ia bersemedi, dengan kemampuan yag dimilikinya, ia kemudian memanggil Jin Bondowoso untuk membangun 1000 candi. Setelah Lewat tengah malam, Loro Jonggrang mengendap – endap melihat perkembangan pembangunan candi tersebut, ia melihat pembangunan sudah hampir jadi. Secepatnya ia langusung memerintahkan para gadis di desa untuk menumbuk lesung (penumbuk padi tradisional) dan membakar jerami sehingga langit tampak terang seperti pagi saat matahari terbit. Mendengar orang menumbuk padi, tiba- -tiba ayam – ayam jantan terbangun dan mulai berkokok. Mengetahui hari sudah pagi, Jin Bondowoso berhenti membangun candi, saat itu Jin telah selesai membangun 999 candi. Bandung Bondowosopun marah karena merasa ditipu oleh Loro Jonggrang. Akibat kemarahannya, Ia lalu mengutuk Loro Jonggrong menjadi candi yang ke 1000, seketika itu pula tubuh Loro Jonggrang menjadi arca. Bandung Bondowoso juga mengutuk para gadis di desa tersebut menjadi perawan tua seumur hidup tidak menikah.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Itu dia fakta – fakta sekaligus dongeng yang ada pada Candi Prambanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *